Press "Enter" to skip to content

Kena Kode Error 12 & 46 Susah Buka Mangkok Magnet Yamaha Aerox 155

Susah buka mangkok magnet yamaha aerox 155
Susah buka mangkok magnet yamaha aerox 155

Buat para riders yg eror 12 & 46, pengen membuka mangkok magnet nya belum bisa, jangan menyerah.

Hari ke 2 di perjuangan saya bongkar magnet terbayarkan sudah, walau harus ganti mangkok baru tapi saya puasss!!?

Awalnya muncul eror 12, tak langsungin kabelnya tapi waktu itu karena soket nya sudah gosong parah & lengket langsung tak bongkar & lupa pasangan warna kabelnya, jadi tak coba2 akhirnya berhasil ketemu pasangan warnanya yg pas, tp besoknya motor dipakai berangkat kerja, baru 1 km dari rmh eh muncul kode yg sama (eror 12 + 46 pula?) terpaksa saya stut sama gojek ke rumah.

Skrng sudah 2,5 bulan Aerox tak kandangin, karena kesibukan bekerja belum sempat di otak atik, sengaja tidak dibawa ke beres/bengkel langganan, karena penasaran pengen coba bongkar sendiri, karena saya dari awal saya pegang motor senangnya kalau rusak ya betulin sendiri (vespa, supra125, tiger).

Proses bongkar sendiri hari pertama LUAR BIASA, dari jam 9 saya ngutek2 itu motor sampai sore jam 17.00 poros-as nya kaya ngunci tidak bergeming/geser sedikitpun, EDAN! (mungkin dialami sama riders aerox155 lainnya jg). sudah 2 magnet puler rusak Grip on (saya beli Rp. 90rb) & MKN(Rp.50rb), karena saya sudah kecapean besoknya saya ke bengkel dekat rumah, eh alat nya rusak, hi… hi… hi mantap!!

Menyerah??? tidak !! karena saya yakin pasti ada solusinya, akhirnya hari ke-2 agak siangan saya cari “bearing puler 6” (Rp. 204 rb an) saya beli di depo bangunan daerah Kartini_bekasi, dekat proyek.

Awalnya setel posisi terjauh (posisi baut ke 2) tapi riskan poros bengkok, jadi tak setel baut ke 1 + saya ganjal baut biar gk megar setelan kuncinya, saya tarik sampai bunyi kretek2, tapi luar biasa !!! malah mangkok magnet nya yang bengkok !!?
EDAN!!

Dalam hati (anjiir kuat banget nih mangkok)
saya putuskan ke tukang las babet, di panasin sambil di tarik pakai “puler bearing” alhmdulilah kecabut juga itu mangkok.

Perjuangan memang tidak mengkhianati hasil!?! tinggal ganti sepul & beli mangkok baru, kebetulan mangkok yg lama jg sudah berkarat & drat rusak efek kemarin proses bongkar sendiri.

========

Liat posting an aku juga om… Aku juga pernah share, buka magnet sendiri juga… Gampang koq, aku sih masalahnya seal yg deket magnet udah aus. Karena magnet berkarat sekalian aja aku cat pake cat anti panas/hi temp biar karat minggat – Junaedi

Junaedi Ra iya om, saya juga biasa bongkar motor2 lainnya gampang banget gk perlu pakai tenaga banyak, baru kali ini saya nemu yg kuat nya EDAN begini om, sampai mangkoknya itu peyang?! – Yangyang

Junaedi Ra masukannya om biar gampang lepasnya alat apa aja yg dibutuhkan…..trims – Abi

Treker model gini om…. Tapi 3 baunya gak kepake, tapi pake baud kipas nya aerox aja… Tapi Hati2 om, masukin baud kipas nya jangan terlalu dalem nanti Kena lilitan magnet nya. – Junaedi

Cara buka mangkok magnet aerox 155
Cara buka mangkok magnet aerox 155

kalau motor masih baru mungkin lebih mudah om, apa lagi motor yang jarang main banjir2an jadi bagian as sepul kanan aman gak berkarat, pakai treker no 3 aja bisa langsung kebuka, lain cerita kalau motor yang sering dipakai banjir2an seperti saya jadi sudah banyak berkarat & sulit dibukanya. paling sebelum di buka sambil di ketok2 dikit om pelan2 bagian magnet kanan kirinya lalu di putar pakai treker no 3 – Yangyang

Bisa karatan gitu knpa ya? – Yusmin

Yusmin Padangga magnet emang bisa karat – Steven

wajar karena posiai mangkok diluar dan tidak terlindung dari cipratan air – Yangyang

perawatannya gimana thu? Ane blm pernah buka udh hampir 2 thun – Yusmin

Yusmin Padangga
gak bisa dirawat posisi didalam.

kalo emang mau ngerawat ya harus bongkar dan mangkoknya dicat aja pakai cat high temperatur. biar tdak ada karat lagi sudah terlindungi cat – Taufik

Semua juga keratan tapi masih normal ko – Dadang

Dadang Saddoen betul om, yg penting normal, kalau mau paling di cat ulang gk masalah om – Yangyang

Yangyang Gilang Nugraha apakah di cat perlu copot mangkok – Alfarezy

Saran saya sih enakan di copot mangkok nya om, karena harus di amplas2 sedikit lebih mudah kalau sudah dilepas, karena kalau di semprot langsung tanpa di copot kisi-kisi lubang dalam spul nya kesemprot cat nanti om, sekalian cek kondisi seal om. – Yangyang

Kenapa awalnya g coba pkek wd? Klo d panasin tkutnya mlah seal kruk as juga kena – Dadank

DaDank Prawira Wijaya gak ngaruh om, sudah di pakai macam2 cairan, sampai oli mesin & cairan carb cleaner jg gk mempan. tidak bergerak/bergeming sedikitpun dari posisi semula. walau resiko besar tp itu sudah jalan terakhir om buat ngelepas mangkok magnet nya – Yangyang

Yangyang Gilang Nugraha oalahh..jdi tkut jga ya bongkar2 sendiri.hhe.. Sebaiknya seal kruk as d ganti jga dripada nnti bongkar lgi – Dadank

Kalo 46 itu kalo gasalah problem dikiprok/spul ya om? Soalnya di r25 saya juga gitu . Nah btw kode 12 problemnya apa ya? – Mochamad

Mochamad Danil Safarinto Pratama umumnya kalau eror 12 di kabel sepul om, socket hangus biasanya. – Yangyang

Yangyang Gilang Nugraha oh berarti 12+46 artinya gaada pengisian ya? Entah spul/kiproknya ya om? – Mochamad

Mochamad Danil Safarinto Pratama kalau eror 46 saya belum ngerti nih om, soalnya saya jg belum kelar nunggu habis lebaran baru ready sparepart nya. moga2 cuma masalah di spulnya aja om. – Yangyang

Yangyang Gilang Nugraha ohh gitu om makasih om – Mochamad

Kemarin ane jg sama, 12+46. Karena waktu kode 12 salah nyambung alur kabel, jdi muncul 46. Tpi setelah nyambung kabel bener kode 46 udah gak ada – Satrya

Andreans Budy mantap om, pendapat saya juga sama om biang keroknya dari sepul, karena motor itu sempat jalan normal tp hanya sekitar 1 km jalannya.😄 udah gitu dapat bonus kode 46 & sikring yg 30 ohm putus, sudah 2x saya ganti putus jg. ya sdh saya kandangin itu motor 2,5 bulan, baru 2 hari ini saya utak atik itu motor – Yangyang

Loh sebelumnya ko bisa kenak kode 12? Ada modif kelistrikan atau yang lainnya kah? – Leo

Collin Collin kalau saya kena eror 12 itu karena socket spul gosong/terbakar om, sampai soket nya lengket, susah di bongkar. – Yangyang

kenapa bisa socket spulnya gosong? Emang dari sananya? – Leo

saya pernah ngalamin juga kode 12.soket gosong sepertinya soket bukan dr tembaga sehingga pas kena air berkarat trs meleleh..itu yg saya alami – Abi

Baru kejadia om pas mudik hari ini, utung ya pas siang masih bisa selamet nyampe rumah jga, saya akalin sambung kabel, asal sambung, sampe rumah baru saya bongkarin semua.. Dikit tanya om, penyebab ya itu kenapa sh, dari awal kena dari pas masih soket kena ya di kabel” itu jga.. – Pras

Pras alhamdulillah banget om kalau masih bisa dipakai mudik motornya, walaupun harus di akalin dulu kabelnya. kalau saya tahun ini blm bisa mudik pakai aerox seperti tahun kemarin (Bekasi-sukabumi cibadak), gpp lah yg penting bisa pakai motor yg lain dulu, tp yg bikin kangen sama aerox itu bagasinya yg luas bisa buat bawa oleh2 banyak pas pulang mudik, hi.. hi.. hi.. kalau masalah eror 12 itu biasanya gk jauh dari kabel sepul, kalau masih terulang berarti masalah penyambungan nya (mungkin skun kabelnya kurang besar) atau kabel tambahan buat penyambungannya kurang besar om? – Yangyang

Yangyang Gilang Nugraha kya ya sh om, saya di Jakarta ke Indramayu om kejadia di kerawang.. Utung masih selamet nyampe rumah, itu pas saya cek jga mau putus lagi om.. – Pras

Pras saran saya pakai kabel dengan besar yg sama om, minimal kabel penyambung yg dipakai mendekati diameter kabel utamanya, yg gk kalah penting (kalau saya nyimak dari youtube aerox thailand) setelah dia sambung itu setiap joint nya di solder om, jadi meminimalisir panas yg timbul akibat sambungan kendur. – Yangyang

Trs apa masih bisa buat diperbaikin om, klo buat di sambung lagi masi aman kan? – Pras

Pras masih bisa diperbaiki om, yg penting kabel penyambungnya pakai kabel yg besar juga, minimal yg me dekati kabel utamanya & sambungannya kalau bisa di solder juga biar gak timbul panas akibat sambungan yg kendor. – Yangyang

dah dua tahun pake aerox, Allhamdulillah blm kena erorr2an.. semoga jangan.. – Kian

Kayakya biar ngk susah mau bongkar mangkok magnet mumpung motor masih 6 bulan dipakai dibongkar dulu dikasih pelumas pas As mangkok magnetnya ya ? Antisipasi dulu gitu 😅😅😅 – Ebie

Ebie Alan betul om, dikasih grease aja om as nya biar suatu saat pengen dibuka mudah dilepasnya – Yangyang

Trik mudah melepas magnet Yamaha Aerox 155 – Bikers

========

Buka mangkok magnet aerox 155
Buka mangkok magnet aerox 155
Mangkok magnet yamaha aerox 155
Mangkok magnet yamaha aerox 155

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan