Press "Enter" to skip to content

Kampas Kopling Yang Bagus & Awet Tahan Lama Untuk Sepeda Motor Pilih Organic, Ceramic Atau Kevlar?

Kampas kopling yang bagus awet tahan lama
Kampas kopling yang bagus awet tahan lama

Kampas Kopling Yang Bagus & Awet Untuk Sepeda Motor Pilih Organic, Ceramic Atau Kevlar?

Pasti brosis yang doyan oprek motor kesayangannya udah gak asing lagi nih sama part yang satu ini, yap kampas kopling. Hampir semua kendaraan bermotor menggunakan kampas kopling sebagai penerus tenaga ke transmisi. Nah, kali ini mari kita bahas beberapa jenis kampas kopling yang tepat bagi motor ataupun mobil kesayangan kita.

Berikut jenis-jenis kampas kopling yang beredar di pasaran :

1. Organic

Kampas kopling jenis ini terbuat dari campuran bebebrapa bahan seperti fiberglass dll. Kampas jenis ini sangat mirip dengan kampas kopling yang digunakan oleh Pabrikan kendaraan. Namun kampas kopling organik aftermarket biasanya memiliki kualitas yang lebih baik daripada kampas kopling OEM.

Perbedaannya terletak pada kualitas bahan pembuatan, proses pembuatan, dan quality control dari produsen kampas kopling aftermarket yang memang menawarkan kelebihan kampasnya dibanding kampas kopling bawaan pabrik.

Kampas jenis ini memiliki ketahanan yang rendah terhadap panas, jadi ketika suhu mesin sangat panas kemungkinan terjadinya overheat akan sangat tinggi, yang berakibat selip kopling atau bahkan kampas kopling hangus dan harus diganti. Kampas kopling organic baik digunakan pada motor dan mobil dengan performa standar pabrikan atau mesin yang bertenaga kuda tingkat menegah brosis..

2. Ceramic

Kampas kopling ini mempunyai kemampuan yang unik untuk lebih menggigit ketika mesin panas, karena memiliki ketahanan yang sangat tinggi terhadap panas, bahkan diklaim sebagi kampas kopling yang anti selip. Torsi yang dihasilkan pun jauh lebih besar, yakni mencapai 20% dan memiliki daya cengkram 6 kali lebih menggigit dari kampas bawaan pabrik. Wah, performance oriented banget nih brosis, namun dibalik kesuperiorannya, kampas kopling jenis ini ternyata menyimpan beberapa kelemahan juga loh, diantaranya performa yang kasar dan selalu menyentak.

Hal ini otomatis akan berakibat fatal terhadap komponen yang bersentuhan langsung terhadap kopling yang membuat usia pakai jauh berkurang. Tapi bagi brosis yang menginginkan performa tinggi pada kendaraan kesayangannya atau bagi penggila drag race, road race, dan enduro atau off road dan berbagai kegiatan dan aktivitas yang membutuhkan performa tinggi, kampas kopling ceramic adalah pilihan terbaik (direkomendasikan hanya untuk kompetisi).

Kampas kopling bagus tahan lama
Kampas kopling bagus tahan lama

3. Kevlar

Kampas kopling Elig Kevlar dengan Paper Technology mempunyai durabilitas dan ketahanan yang tinggi terhadap panas dibanding kampas kopling jenis organik. Bahkan 2-3 kali lebih awet daripada kampas kopling jenis lain. Elig Kevlar mempunyai kemampuan gesekan yang hampir setara dengan kampas kopling berbahan ceramic, namun memiliki performa yang halus layaknya kampas kopling organik.

Kampas jenis ini tergolong tahan lama dalam hal pemakaian, dan membuat part lain tetap awet karena kehalusannya dalam shifting gear, namun tetap jauh lebih menggigit dan meningkatkan torsi kendaraan hingga 10% dengan daya gesek yang mencapai 400% atau 4 kali lebih menggigit dari bahan organic atau bawaan pabrik.

Kampas jenis ini baik digunakan pada kendaraan yang telah sedikit dimodifikasi atau kendaraan tipe sport dengan tenaga kuda yang cukup besar. Namun bisa juga dipakai untuk keperluan drag race, road race, dan off-road yang membutuhkan tenaga dan responsibilitas tinggi.

Sebenarnya masih banyak loh jenis kampas kopling yang ada, namun di Indonesia masih sangat jarang keberadaannya. Dan yang paling mudah ditemui adalah ketiga jenis kampas kopling diatas. Kampas kopling sepeda motor yang bagus dan awet tahan lama silahkan pakai Elig Kevlar Paper Technology dengan kualitas diatas original & bersertifikasi global internasional.

Kampas koping elig kualitas global internasional
Kampas koping elig kualitas global internasional
Kampas kopling elig kevlar paper technology
Kampas kopling elig kevlar paper technology
Kampas kopling kualitas global internasional
Kampas kopling kualitas global internasional
Kampas kopling ktm duke rc 250
Kampas kopling ktm duke rc 250
Kampas kopling yamaha r25
Kampas kopling yamaha r25
Kampas kopling elig
Kampas kopling elig
Kampas kopling pulsar
Kampas kopling pulsar
Kampas kopling cbr crf 250
Kampas kopling cbr crf 250

Rekomendasi Kampas Rem Sepeda Motor Yang Bagus Kualitas Global Internasional:

 

Rekomendasi Merek Kampas Rem Aftermarket Yang Bagus Kualitas Global Internasional Pilih Elig Brake Expert

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan