Press "Enter" to skip to content

Cara Perawatan Filter Udara Sepeda Motor Biar Awet Tahan Lama

Cara Perawatan Filter Udara Sepeda Motor
Cara Perawatan Filter Udara Sepeda Motor

POSTING ULANG..
Biar makin banyak yg tahu..

Jadi begini gaezz..
Filter udara Aerox yg asli Yamaha itu kualitas materialnya TOP BANGET πŸ‘πŸ‘
Saking bagusnya kita ternyata bisa pakai berulang-ulang meskipun bengkel awalnya bilang “Harus Ganti”, setelah melalui Proses Pencucian.. yaa pencucian..

Bagi yg awam pasti mikir, filter itu kan bahannya sejenis kertas, pasti rusak doong kena air.. FAKTAnya, jenis kertas yg dipakai kan bukan kertas biasa, tapi memang diformulasikan buat filter, JANGANKAN AIR, KENA BENSIN & OLIE PUN tdk apa2…
Selama kondisi kertasnya tidak ada yg sobek, filter itu bisa digunakan ulang.

Membuka box filter cuma perlu pakai obeng plus yg sesuai dgn ukuran sekrupmya.
Pertama siapkan campuran air + sabun colek (bergambar lemon) yg cukup untuk merendam sebanyak 2 ember kecil/baskom.
Rendam filter kotor ke dalam larutan sabun dgn bagian kertasnya menghadap kebawah, diamkan kira2 15menit. Setelah itu kotoran akan rontok & air berubah warna jadi hitam.

Bersihkan dengan kuas searah garis2 kertasnya sampai kotoran rontok seluruhnya (JANGAN PAKAI SIKAT krn bisa merusak kertasnya). Lalu bilas dgn larutan sabun satunya (yg masih bersih).Β  Bawa filter ke tukang tambal ban, semprot dgn kompressor cukup satu arah saja dari bagian yg ada pelat pelindungnya, (ongkos 3rb-5rb). Angin2kan sebentar, jangan dijemur langsung di terik matahari karena akan membuat kertasnya jadi getas & mudah sobek. Setelah dirasa cukup kering, olesi tipis2 permukaan kertasnya dgn olie mesin yg baru (sebaiknya SAE 5).
Filter siap dipakai lagi..

Olie di filter udara itu fungsinya supaya kotoran & debu lengket di filternya, jadi gak berantakan ngumpul di dasar box..
Dioles olie tipis2 aja.., kalau bisa pakai yg SAE 5 (yg paling encer).

Biasanya 1bln-2bln sdh kotor lagi,, ya tinggal dicuci lagi.. Cepat & hemat..

Dengan cara ini selain Hemat, anda juga sdh berkontribusi menyelamatkan lingkungan dgn cara mengurangi pemakaian sampah plastik..πŸ‘

BACA YG TELITI sebelum ngeGass..,.biar gak malu2in diri sendiri..

Pedagang & pemilik bengkel
Gak Usah Baperan 😁

========

Sy jg dr 2018 dr baru gapernah diganti, dicuci aja pake bensin dikeringkan dan sudah bs dipake lg. Aman sampe sekarang – Daris

Bagusnya om dilapis tipis pakai olie encer (kira2 yg SAE 5), penyaringannya lebih bagus & kertasnya gak gampang berbulu/retak/sobek.. Kalau kita beli filter asli & baru juga ada lapisan tipis olie.. – Sigid

Ok om mksh sarannya πŸ™ – Daris

Merek oli apa yg SAE 5 harga paling murah? – Alice

Ada banyak.. kayanya paling murah 90rb an isi 1liter.. cuma makai sedikit banget. Biasanya kan ganti olie tiap 3000km pakai SAE 15 Rp.60rb an, Pas ganti yg ke-2/3 sisakan sedikit aja yg SAE 5, buat ngolesi filter (yg sdh bersih) gak sampai 1/2 tutup botolnya sdh cukup kok.. – Sigid

kalau buat yang “sayang ganti baru, padahal masih bisa dimanfaatkan” boleh diterapkan,

kalau saya malas ribet, padahal lebih ribet bersihin cvt sendiri di rumah ya 😁 – Aaron

Filter saya udah dr 2017 awal beli aerox sampe skrng ga pernah ganti,
KM nya udah 60rb an hahaha.. – ZS

Emang bagus banget om kualitas bahannya Kalau yg ori.. Tapi wajib rutin bersihin om.. – Sigid

Iya om,sering sering aja nyemprot itu filter… – ZS

Masih wortit di cuci sih ketimbang beli filter KW iseng beli KW d olshop beda bgd kisiΒ² nya lebih jarang, besi honeycom nya lebih besar. Dan yg lebih parah lagi Pasir tipis bisa tembus.. – Alice

Logikanya om..Kalau angin bisa lebih “Plong” masuk, artinya penyaringan pasti kurang rapat,, itu sdh hukum alam.. Kalau lebih plong, tarikan memang lebih bagus, tapi pasti ada efek samping juga ke usia pakai mesinnya.. Mending pakai yg spesifikasi standard.. – Sigid

sy di BeRes malah mmg biasa dicuci, diminta ganti stelah 2 tahunan kyknya dan ganti pake tdr – Andri

========

Cara Perawatan filter udara motor awet tahan lama
Cara Perawatan filter udara motor awet tahan lama

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan