Press "Enter" to skip to content

Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022 Punya Berbagai Fakta Menarik

Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022
Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022

BikersIndonesia.net – Ola, Bikers. Balapan MotoGP musim 2022 telah melewati seri ke-empat, dan akan memasuki seri ke-lima pada tanggal 24 April 2022 yang berlokasi di Sirkuit Portimao, Portugal. Sirkuit yang kali ke-empat mengadakan ajang balap MotoGP ini akan berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 22-24 April 2022. Balapan seri MotoGP Portugal 2022 ini dimulai dari sesi latihan pada hari Jumat, kemudian dilanjutkan dengan sesi kualifikasi pada hari Sabtu malam ini.

Sirkuit bernama asli Sirkuit Internasional Algarve ini akan menjadi pembuka seri Eropa. Sehingga meningkatkan semangat para pembalap untuk menaklukan area sirkuit ini. Sirkuit Algarve memiliki beberapa keunikan yang menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap MotoGP. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar sirkuit Portimao, Portugal.

Fakta Menarik Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022
Fakta Menarik Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022

1. Keunikan profil sirkuit Algarve
Sirkuit Algarve memiliki nama resmi Autodromo Internacional do Algarve yang biasa disebut juga Sirkuit Portimao. Area sirkuit ini dibangun di Portimao, tepatnya region paling selatan Portugal. Untuk pembangunan sirkuit ini membutuhkan biaya sampai € 195.000.000 Euro atau setara dengan Rp 3.024.450.000.000 dengan pembangunan termasuk area trek karting, taman teknologi, hotel bintang lima, kompleks olahraga dan apartemen.

Sirkuit Algarve memiliki panjang lintasan mencapai 4.692 kilometer ini selesai dibangun pada Oktober 2008. Namun pada September 2013, Parkalgar Servicos perusahaan yang mengelola sirkuit ini terpaksa menjual sirkuit ini kepada Portugal Capital Ventures di bawah manajemen milik negara dikarenakan perusahaan tersebut terlilit hutang, diperkirakan mencapai 160 juta Euro.

Sirkuit Algarve memilki tikungan menjcapai 15, sebanyak 9 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Area trek ini disebut-sebut mirip seperti roller coaster karena konturnya yang naik turun menyerupai ombak. Sehingga menghasilkan sensasi dan tantangan tersendiri bagi para pembalap untuk menaklukan area balapan tersebut.
Selain itu, sirkuit Algarve juga memiliki trek lurus terpanjang mencapai 970 meter. Serta konturnya yang seperti ombak sudah dapat dirasakan mulai dari setelah tikungan pertama tepatnya setelah melalui trek lurus terpanjang tersebut. Sirkuit ini memiliki lebar lintasan mencapai 18 meter. Dan dapat menampuk kapasitas penonton mencapai 100.000 penonton.

Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022
Sirkuit Algarve Portimao Arena MotoGP Portugal 2022

2. Sirkuit Algarve baru menjadi sirkuit seri Portugal di MotoGP 2020
Sirkuit seri Portugal telah lama dilaksanakan, namun biasanya diselenggarakan di Sirkuit Estoril berlangsung sejak tahun 2000-2012. Pembalap tersuksesnya Valentino Rossi dengan 5x kemenangan pada tahun 2001, 2002, 2003, 2004, dan 2007. Setelah MotoGP 2012, GP Portugal absen dari penyelenggaraan MotoGP. Baru diadakan kembali pada musim 2020 yang lalu.

Menariknya, GP Portugal tidak lagi dilaksanakan di Sirkuit Estoril, melainkan di Sirkuit Algarve. Tahun 2022 ini menjadi yang ke-empat kalinya diadakan ajang MotoGP di Sirkuit Portimao ini. Tidak hanya itu, pada tahun 2021 Sirkuit Algarve sempat 2 kali menjadi tuan rumah di musim MotoGP 2021. Hal ini dikarenakan situasi pandemi virus Covid-19 pada balapan MotoGP 2021 sangat tinggi, menyebabkan banyak GP tidak bisa digelar. Untuk mengakali hal tersebut. Beberapa sirkuit harus menggelar dua balapan sekaligus dalam satu musim. Balapan tersebut diselenggarakan pertama pada musim 2021 dengan tema MotoGP Portugal 2021 pada tanggal 18 April 2021. Kemudian balapan kedua kalinya bertema MotoGP Algarve 2021 dilangsungkan pada tanggal 7 November 2021.

Pada musim tahun lalu, MotoGP banyak diselenggarakan pada sirkuit yang sama dalam satu musim. Tidak hanya Sirkuit Algarve yang menggelar dua balapan sekaligus dalam satu musim, Sirkuit Losail, Red Bull Ring, dan Misano juga diselenggarakan dua kali balapan MotoGP pada Musim 2021.

3. Sirkuit Algarve menjadi balapan penutup di MotoGP musim 2020
Sirkuit Valencia biasanya selalu menjadi balapan penutup MotoGP sejak tahun 2002. Seri Valencia selalu menjadi seri penutup pennyelenggaraan balapan MotoGP, selama 18 tahun lamanya. Namun karena situasi pandemi virus Covid-19 di tahun 2020, menyebabkan Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia tersebut tidak dapat menyelenggarakan penutup balapan tersebut, dan dimajukan. Sehingga sirkuit Algarve menjadi sirkuit pembuka dan penutup pada musim MotoGP 2020.

4. Pembalap KTM, Yamaha dan Ducati berhasil menaklukan balapan di Sirkuti Algarve Sejak tahun 2020, musim MotoGP Portugal dilaksanakan di Sirkuit Algarve, telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Sirkuit Algarve telah berhasil ditaklukan oleh tiga pembalap dengan tim pabrikan yang berbeda. Pada balapan pertama MotoGP Portugal diselenggarakan di tahun 2020, kemenangan diraih rider KTM Red Bull, Miguel Oliveira. Ia sukses mencatatkan sejarah namanya sebagai pembalap pertama yang berhasil menaklukan Sirkuit Algarve. Kemudian pada musim MotoGP Portugal 2021, kemenangan diraih rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo. Terakhir pada MotoGP Algarve 2021, kemenangan diraih rider Francesco Bagnaia, dengan tim Ducati Lenovo-nya.

Kemenangan Miguel Oliveira dari rider tim KTM Red Bull, pada seri pembuka MotoGP Portugal yang baru diselenggarakan pada tahun 2020, kembali terulang. Pada gelaran MotoGP 2022 lalu yang pertama kali diselenggarakan di Indonesia, Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada tanggal 20 Maret 2022 lalu juga dimenangkan oleh Miguel Oliveira dari tim KTM Red Bull. Karena hal tersebut, Miguel Oliveira dijuluki sebagai pembalap penakluk sirkuit baru.

Lantas siapakah yang akan menjadi pemenang pada seri ke-lima balapan MotoGP musim 2022 di Sirkuit Algarve tahun ini, kita tunggu saja keseruan balapan sirkuit yang diberi julukan sirkuit roller coaster ini. Siapkah yang akan mampu menaklukan sirkuit kontur ombak tersebut? Apakah tim Repsol Honda mampu menaklukan Sirkuit Algarve tersebut?. Balapan MotoGP seri ke-lima ini rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 24 April 2022.

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan