Press "Enter" to skip to content

Cari Kampas Rem Yang Kualitasnya Diatas Original?

Kampas rem motor yang kualitasnya diatas ori
Kampas rem motor yang kualitasnya diatas ori

BikersIndonesia.net – Ola, Bikers. Sepeda motor yang digunakan untuk mudik ataupun yang ditinggalkan selama mudik, tetap harus dilakukan pengecekan kendaraan bermotor. Mulai dari pemeriksaan mesin hingga menyeluruh, tak terkecuali pemeriksaan kampas rem. Kampas rem tidak boleh luput dari pemeriksaan menyeluruh pada kendaraan bermotor, jika penggunaannya ingin berkelanjutan dan tidak memakan biaya yang besar akibat kerusakan yang dapat terjadi apabila tidak dilakukan pengecekan.

Terdapat dua jenis kampas rem yang biasa digunakan para pengendara, mulai dari kampas rem keluaran pabrikan (OEM) maupun kampas rem aftermarket. Tidak semua kampas rem yang beredar dipasaran kualitasnya dapat memenuhi standar kendaraan yang digunakan. Bahkan kampas rem pabrikan sering kali diluar ekspektasi, sehingga pengguna kendaraan bermotor membutuhkan alternatif kampas rem lainnya yang memiliki kualitas yang dibutuhkan konsumen.

Kampas rem yang kualitasnya diatas original
Kampas rem yang kualitasnya diatas original

Apakah ada kampas rem yang kualitasnya di atas original? Lantas, kualitas kampas rem dinilai berdasarkan apa?

Terdapat banyak variable yang dapat menentukan kualitas kampas rem. Dari mulai kampas rem bawaan pabrik ataupun kampas rem aftermarket. Beberapa kalangan tentu tahu variable penentu yang menjadi acuan kualitas kampas rem, namun bagi beberapa kalangan yang masih awam, menjadi bingung dalam menentukan kualiatas kampas rem, apalagi yang kualitasnya diatas original.

Kampas rem berkualitas bagus diatas original memiliki beberapa patokan tolak ukur, sebagian menilai kampas rem yang paling awet dinilai lebih bagus. Secara harfiah, kampas rem merupakan produk suku cadang kendaraan bermotor yang didesain untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara kerja bergesekan langsung dengan disc / piringan cakram. Namun jika kampas rem terlalu awet, bagaimana dengan kondisi piringan cakramnya? Apakah harus mengorbankan piringan cakram yang pasti harganya lebih mahal untuk menggunakan kampas rem yang awet?

Kampas rem aftermarket yang berkualitas
Kampas rem aftermarket yang berkualitas

Salah satu merek kampas rem aftermarket yang banyak direkomendasikan dengan standar internasional berkualitas global adalah produk Elig. Perusahaan Elig Brake Expert ltd ini berasal dari Taiwan. Produk Elig dihasilkan melalui berbagai proses riset dan pengembangan teknologi sejak tahun 1998. Teknologi yang digunakan merupakan teknologi hasil integrasi antara tiga negara yaitu, Taiwan, Jepang, dan Amerika Serikat. Sehingga menghasilkan teknologi yang dinamakan Elig Friction Technology atau EFT. Teknologi ini dikembangkan untuk meningkatkan kualitas suatu bahan friksi dengan menggunakan formulasi khusus sehinggga menghasilkan material berkualitas.

Produk Elig memiliki jaminan mutu TUV yang merupakan singkatan dari Technischer Uberwachungsverin. TUV atau Asosiasi Inspeksi Teknis merupakan sebuah perusahaan asal Jerman yang menyediakan layanan inspeksi dan sertifikasi produk yang dapat memastikan kualitas suatu produk atau layanan jasa. Sedangkan ISO kependekan dari The International Organization Standardization merupakan sistem manajemen standar internasional untuk pengukuran mutu organisasi. Sertifikasi ISO9001 merupakan sertifikasi manajemen mutu yang dapat meningkatkan kinerja tertinggi dari proses dan keunggulan sehingga dapat meningkatkan produk dan layanan bersaing di pasar global. Sertifikasi ini mencakup manajemen mutu, mulai dari pembelian bahan baku sampai pada saat produk akhir tiba di tangan pelanggan. Dengan adanya sertifikasi ini dapat dipastikan suatu produk yang dihasilkan telah memenuhi standar manajemen mutu secara internasional.

Kampas Rem Terbaik Untuk Moge Motor Gede & 250cc Keatas Pilih Elig Sinter Dengan Kualitas Global

Sertifikasi ISO/TS16949 merupakan penambahan berbagai persyaratan khusus di bidang otomotif, semua yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Sertifikasi ini dikelola oleh International Automotive Task Force (IATF) melalui badan sertifikasi di seluruh dunia yang telah disetujui. Sertifikasi ini diperuntukan untuk organisasi otomotif, baik sebagai pemasok langsung ke pabrik kendaraan maupun sebagai pemasok tidak langsung. Dengan adanya sertifikasi ini, pada produk Elig dapat memberikan jaminan integritas terhadap penyediaan material untuk kebutuhan perakitan kendaraan pada industri otomotif terkemuka. Sehingga dengan adanya sertifikat tersebut pada produk Elig yang memiliki pabrik tidak hanya di Taiwan saja, tetapi juga di Vietnam ini dapat memasarkan produknya hingga pasar global, seperti Taiwan, Vietnam, Jepang, Amerika Serikat, Australia, Iran, Malaysia, Singapore, dan Indonesia. Produk Elig juga telah sampai menembus pasar negara-negara di Eropa.

Kampas rem yang baik dan telah beredar dipasaran biasanya berbahan dasar organik dan keramik. Bahan organik terbuat dari beberapa campuran material yang direkatkan dengan resin untuk membentuk kampas. Biasanya menggunakan bahan campuran dan komposisi yang berbeda berdasarkan harga jual dan target pasar bahan yang diproduksi tersebut. Kampas jenis ini paling sering digunakan pada kendaraan pabrikan dengan karakter lembut dan tak mengeluarkan banyak suara. Biasanya bahan organik terdiri dari campuran kaca, Kevlar, karbon, dan lain sebagainya. Namun, kampas organik tidak tahan akan panas berlebihan dalam kondisi pengereman diatas suhu normal, sehingga jenis kampas ini akan kehilangan daya geseknya dan akan cepat habis saat berada pada suhu temperatur tinggi diatas rata – rata. Sedangkan kampas rem berbahan keramik terbuat dari campuran karbon dan silikon yang memiliki ketahanan cukup baik. Kampas keramik dapat bertahan pada suhu tinggi, dengan kelebihan debu yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan kampas semi-metal. Kampas jenis ini digunakan pada kendaraan di sirkuit balap, bukan digunakan untuk kendaraan pada medan berat atau untuk penggunaan harian, karena cendurung akan memakan piringan.

Rekomendasi Merek Kampas Rem Aftermarket Yang Bagus Kualitas Global Internasional Pilih Elig Brake Expert

 

Cari kampas rem yang berkualitas
Cari kampas rem yang berkualitas

Sedangkan kampas rem Elig berbahan keramik organik. Kampas keramik organik merupakan perpaduan bahan keramik dan bahan organik yang dikembangkan oleh R&D Elig Brake Ltd dengan penerapan teknologi E.F.T – Elig Friction Technology yang tercipta dari hasil kerjasama antar negara Jepang, Amerika Serikat dan Taiwan. Bahan keramik Organik di formulasi untuk memberikan hasil terbaik dari segi keamanan, ketahanan dan juga dari segi kenyamanan dengan dasar melengkapi kekurangan dari masing – masing bahan Organik dan keramik. Sehingga produk Elig berbahan material keramik organik dan 100% non asbestos dengan standar EU ROHS (Restriction of Hazardous Substances) memiliki performa dan kualitas pengereman jauh labih baik dibandingkan dengan produk OEM ataupun produk aftermarket lainnya.

Produk Elig juga memiliki usia pemakaian jauh lebih baik dibandingkan kampas rem lainnya.
Dengan teknologi EFT yang digunakan mampu menghadirkan kampas rem dengan dimensi standar yang akurat sesuai dengan standar pabrikan yang mudah dipasang dan digunakan atau plug and play. Selain itu kampas rem ini memenuhi standar keamanan dunia yang diakui berbagai negara maju seperti Jepang, Amerika Serikat dan negara Eropa lainnya. Teknologi E.F.T menghasilkan produk Elig berstandariasi internasional dengan titik pengereman kampas rem jauh lebih baik, responsif dan tidak berisik, serta anti selip pada berbagai keadaan cuaca. Sehingga mampu memberikan daya cengram maksimal pada berbagai suhu temperatur kerja yang dapat diandalkan pada berbagai situasi dan kondisi.

Cari kampas rem kualitas diatas ori pabrikan
Cari kampas rem kualitas diatas ori pabrikan

Pengereman yang dihasilkan stabil pada berbagai tingkat suhu temperatur kerja dan modulasi daya cengkramnya juga mudah diatur melalui pedal atau tuas rem yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan rem, tidak mengunci ataupun membuat kaget. Selain itu, kampas rem Elig dapat memperpanjang dan merawat komponen piring cakram atau disc rotor dan lebih ramah lingkungan karena minimnya debu yang dihasilkan dari kampas rem.

Karena itulah, tidak heran jika kampas rem Elig banyak dipakai sebagai pilihan kampas rem dengan kualitas global yang dapat digunakan untuk pilihan pengganti produk original yang banyak direkomendasikan pengguna sepeda motor.

Untuk Toko / Bengkel yang ingin menjual produk Elig silahkan hubungi Kantor Pusat Elig. Nomor kontak di bawah ini:

ELIG INDONESIA
https://www.eligindonesia.com/

Jl. Prof. Dr. Latumenten No. 9 (20 BB) Angke – Tambora, Jakarta Barat 11330

Telp: (021) 631 4743

Call Centre: 0811 129 7178

Kampas rem diatas ori pabrikan
Kampas rem diatas ori pabrikan

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan