Press "Enter" to skip to content

Penyebab Oli Yamaha Nmax Berkurang Susut Apa Solusinya? Sharing Di Forum Blog Otomotif Bikers Indonesia

Penyebab oli yamaha nmax berkurang susut
Penyebab oli yamaha nmax berkurang susut
Sharing di forum yamaha nmax bikers indonesia
Sharing di forum yamaha nmax bikers indonesia

Penyebab Oli Yamaha Nmax Berkurang Susut Apa Solusinya? Sharing Di Forum Blog Otomotif Bikers Indonesia

2000 km baru ganti oli..ternyata susut ..sisa 750 ml..kemarin masuknya cm 900 ml..motor baru 3 bulan…apakah produk yamaha memang bgt..kemarin2 pake honda oliny masuk 800 keluar jg 800… Indah ny berbagi pengalaman

#jumatberkah
#nmexindonesia

###

Sama nmax ane juga gitu malah 700ml juga engga sisanya,kemaren ane coba gnti d lebihin biasanya 2000 jd 2500 ternyata nyusut nya lebih parah – Ade

Olinya apa – Ari

Ari Wicaksono yamalube bang..oli bawaan motor – Muhlish

Mgkin ideal nya segitu za 1750 /2000 km br diganti…pernh coba ganti di 1500 masih bening olinya 五五五 – Muhlis

sy ganti tiap 1500km , oli shell ultrascooter + shell v-power , isi 900ml ga susut , cuma warna jd hitam . – Apud

Apud Saya pernah ganti di 1500 juga g susut bang yamalube..tapi oliny masih bening 五五 – Muhlis

Muhlis Ae Lah di rasain aja berasa bang , klo baru jalan udh kasar udh wayahnya ganti atau top up oli , sy niatnya juga sampe 2500an , soalnya klaim dr petugas shell sampe 5000km . eh 1500km udh mulai kasar – Apud

Saya masih gk prcy om klo masuknya 800 kluarga juga 800 – Cak

Cak Yuen boleh dicoba pakek honda supra 125..tiap 1500/1750 km ganti oli saya pakek 2 tahun lebih – Muhlis

Muhlis Ae Lah betul om, saya juga pake honda cb150r old, ganti oli di km 2000 oli gak berkurang,cuma warnanya aja jadi item sama olinya lebih encer. Di jupiter mx 135 old juga sama seperti cb150r, oli gak berkurang. Cuma di nmax ini yg olinya berkurang, ganti oli di km 2000 olinya berkurang skitar 200ml, padahal sama2 gak ngebul, gak ada yg rembes, sil2 juga gak ada yg bocor. – Rahmadi

Saya pake itu trus om km 2000 aman ga pernah nguap olinya – Zanu

Sharing di forum blog otomotif bikers indonesia
Sharing di forum blog otomotif bikers indonesia

Zanu Praz Praz ngisinya berapa liter om – Rahmaad

Rahmaad ID 900 ml om saya make itu udah 2thn lebih aman2 aja ga pernah nguap banyak paling ilang 50 ml doang om
Bahan bakar pertamax turbo trus tpi om – Zanu

Selain faktor diasil silinder, fluida juga punya index penguapan. Jaman tahun 2000 an, saya pake Suzuki Thunder 250 cc, itu mesinnya panasnya macem bawa moge multisilinder. Tiap 700 km, saya harus nambah oli sekitar 150-200 ml. Jumlah total oli 1400 ml. Dan olinya full mineral, kalo sintetis baru 500 km udh nguap semua 不. Jd karena selain faktor teknologi blok piston & silinder, panas mesin, index penguapan fluida juga berpengaruh. – Dimas

Dimas Nugroho Nuradryanto bukanya sintetis malah lebih awet ya? – Saeful

Saeful Anwar kalo di mesin modern mungkin iya. Tapi di mesin lama dengan intensitas suhu mesin yg lebih tinggi, dia ga kuat. Cepet nguap. Dulu awal Top 1 muncul, langsung dicoba ke Thunder 250 bokap, hasilnya baru jalan 500 kilo sudah berkurang setengah lebih. Sedangkan mineral, jalan 700-800 kilo, berkurang 1/5-1/4 aja – Dimas

Dimas Nugroho Nuradryanto udah pernah coba oli mesran mbah ? Oli diesel, kata nya sih lebih bagus cm gejil belum pernah nyoba sih – Maspion

Maspion pernah sih dulu coba mesran, jadi slip kopling. Balik ke enduro biasa akhirnya – Dimas

Sebenernya jika paham cara makai motor gak akan banyak berkurang.,teknologi DIASIL di boring mesin itu beda sama teknolog teflon milik honda. motor pagi dipanasi jangan langsung digeber kayak mekanik bengkel,biarkan panas 2-5 mnit biar sekat antara piston dan boring rekat,klo rekat blm sempurna oli masih merembes ke ruang bakar Hasilnya oli berkurang drastis. Aku kurleb 4 tahun ngetab oli gak pernah berkurang,kurang cuma 50 ml itupun 2 bln baru ganti oli – Sugi

Sugi Arto dari baru tiap pagi musti saya panasin..kurang lbh 5 menit..dan seblm jalan tidak pernah langsung saya gas/jaln..tunggu -+1 menit baru ..motor beli baru tiga bulan tp ganti oli sudah 6 kali 不不 – Muhlis

Masuk 800 keluar 800? Ada buktinya? Semua mesin pasti berkurang ya minimal 50-100 ml, karena proses perputaran mesin yg panas jadi oli pasti menguap, dan belum lagi nempel pada dinding” Mesin, jadi ga mungkin masuk 800 keluar 800 juga – Muhammad

Isi 900 kluar 900 Masa gada nyelip 100ml pun di motor ktika di tap oli ny om – Eko

Eko Setyawan pertama baru masuk kn 1lter bang..habis itu baru 900..saya ganti oli kondisi pagi motor belum bunyi…..katanya orgkn kl pagi oliny turun dibawah semua hhhe五五 – Muhlis

Klo sya karna mtr setiap hari dipake terus dan bsa 3-4x pp luar kota dalam seminggu, pasti setiap minggu selalu cek oli di dipsticknya, klo lg jarang dipake paling sebulan bru sya cek.. Ganti oli setiap 3000-3500km pake oli sesat eneos molybdenum, ini mau nyoba ganti di 4000km – Adden

Emang begitu sy tiap 2rb km refil 200ml – Yooga

4x pake yamalube, susut terbanyak sekitar 130ml di awal punya krn bawaan pabrik entah brp isinya. Makin ksini susut 80ml. Isi 900+100ml. Pemakaian 800km, 2240km 3360km, 3100km, 3150km. Berikutnya mau coba eneos molybdenum. – Faisal

Punya saya ganti 2200 km olinya tetap bos gak berkurang sama sekali. Klu masalah mesin Honda dan Yamaha. Saya pake 2 jenis motor itu. Dari dulu Yamaha dan Honda. Sama sama memiliki kelebihan masing masing. Klu masalah bodi dan sasis Yamaha lebih jago. Klu masalah mesin dan Honda lebih halus suaranya.lebih hemat BBM. Honda lebih tahan panas dan suhu tinggi. Klu kenyamanan suspensi dll Honda. Saya pake ke 2 Mark itu sampe karang. Walaupun CC Honda besar tetap konsumsi BBM hemat ganti oli 2000 km Honda tetap gak ada kurang sama sekali. – Putu

namanya motor dipake, nguragin ya wajar bang – Syahdat

Gua ganti per 3.000km ngab, keperluan ojol santai aja – Aldi

Aldi Wardiman Androy Saya luar kota trus bang – Muhlis

Nmax saya 1500 ganti oli kurang apa ngak ga peduli.. Yang penting pas lampu ijo yang tadinya di blakang jadi paling depan .. jambakan nmax emang ahhh – Prasetya

Drdl punya motor sekalipun gak pernah nakar oli yg di tap 不不yg pnting rutin tiap 2000km ganti gt aja…beres…skrg tiap 1500 udh gnti… – Erwinz

Erwinz betul bang..yg penting rajin ganti oli aj seblm 2000 km – Muhlis

Setidaknya masih bisa diobatin penyakitnya, dari ganti ke ring piston R15 V3, ganti liner baja/diesel, pake oli/aditif berboron tinggi atau pindah ke blok mesin aftermarket. Sisanya rajin cek dipstick per 1000. Intinya #Nikmatinaja dan #Bersyukur – Muhammad

Saya punya kedua nya PCX sama nmax,, Memeng klo masalah d mesin PCX halus oli ga terlalu riskan berkurang, cuma klo masalah tarikan tenaga nmax ga ada obat nya enak bener,, coba cek oli nya asli apa palsu, klo bisa bli oli di agen2 resmi biar terjamin.. – Dhora

Masuk 800 ml keluar 800 ml ?
Apakah pengukuran valid ? Pakair buret ?

Mohon maaf ya om saya kan ngerti sedikit lah masalah pelumasan , untuk oli sebagai pelumas tuh memiliki viskositas/kekentalan tertentu , berbeda viskositas pasti beda jg untuk tingkat penguapanya . Secara logika ketika oli masuk ke mesin 800 ml , oli bersirkulasi dimesin dan pasti ada oli yang menempel(melapisi di komponen mesin ) + vaktor penguapan + vaktor teknis (misal oli yang mulai ikut terbakar diruang bakar). Saya berasumsi sangat tidak mungkin ketika memasukan 800 ml maka ketika di drain akan tetap 800 ml menginggat oli tsb akan berada di suhu kerja yang tinggi. Berkurang 50-100 ml itu masih dalam batas wajar untuk suatu mesin (apapun jenisnya)
Note : berbeda dengan mesin balap yang akan terjadi penyusutan oli yang lebih banyak karna kinerja mesin yang dipaksa untuk bekerja keras – Afif

Afif Jamil Saya ukur pkek botol olinya omq..dl suka pkek federal karna motor honda sa pakek..kl yamaha kn yamalube rekomendasinya… – Muhlis

Penyusutan itu selama gak parah ya masih wajar karena panas mesin & oli bakal menguap, apalagi ada cekungan2 dalam crankcase & sela2 lain didalam mesin yg bikin oli masih lengket atau ngendap disitu..saya bukan user nmax jadi gak ngebelain siapapun – Nanang

Nanang Bhramantya Saya user yamahonda omq …jadi ad sedikit perbedaan kl menurutq 五五 – Muhlus

Muhlis Ae Lah gini om,biasanya motor yamaha lebih mengutamakan performa drpd honda..efeknya mesin sedikit lebih panas sehingga mempengaruhi tingkat penguapan oli, soalnya saya ada motor 150cc 4tak tanpa radiator yg tenaga cukup besar serta tingkat penguapan olinya lebih parah tapi aman2 saja selama sering dipantau & gak telat ganti oli – Nanang

Sifat olie synthetic memang menguap dibandingkan dgn olie dari fossil (mineral). Kalau saya setiap 1000 km chek dipstick dan kalau berkurang ditambahkan lagi sd 3500km atau 4000km.Olie synthetic disyaratkan oleh pabrikan Yamaha utk mesin2 dgn cylinder/piston dyasil . Saya pake Nmax 2016 sd saat ini mesinnya aman2 aja dgn olie Yamalube. – Cor

Cor Jules Kandou brrti aman ya om oli berkurang segitu…. – Muhlis

Muhlis Ae Lah Setelah dicek berkurang, langsung ditambahkan lagi. – Cor

Saya cek oli lewat dipstick tiap 1000 km, kalo kurang, tambah. Ganti tiap 4000 km atau setahun sekali, mana yg duluan. – Edwin

Setiap saya tap oli nmax saya isi 900 ml dan sesudah menempuh jarak 1.500km saya tambahkan 100ml sampai di jarak 2.500km saya tap lagi olinya. Yang penting jangan telat ganti oli. Nmax 2016 Alhamdulillah Mesin awet, sekarang masuk di 23.600km sudah saatnya ganti v belt dan roller. Saya bangga pakai Nmax,bagi saya ini motor yang paling nyaman .– Ganeest

Ganeest Tyo ya sama bang kl di1500 km kemarin jg gitu..tetap 900..kemarin coba2 sampai 2000 km – Muhlish

Masuk 800 keluar 簣800 bisa jadi. Sapa tau FD parah.. Kalo kelamaan malah nambah lho. Adakah kasusnya? Ada.. 不 – Ozzy

Yg saya alami, kalo sering ngebut/nanjak/ jarak jauh penyusutan olinya akan lebih banyak, beda kalo jalan santai ato cm jarak dekat, makanya saya tiap abis jln jauh ato 1000km perlu cek dipstik, kalo kurang tambahin – Yusuf

.Yusuf Somantri nahhh iini dia…mgkn pengaruh itu ya..karna tiap hari medan nya bgitu om ditmbh bebn nya – Muhlish

Penyebab oli nmax berkurang susut solusinya?
Penyebab oli nmax berkurang susut solusinya?

Sama cek oil seal cvt pulley depan, kali aja udah jelek dan bocor, kmrn saya abis ganti itu krn rembes oli – Yusuf

Hbis ganti oli nggak prnah naker jadinya ya kurang tau . Sambil absen sore2 om hhe – Pendi

Forum sharing diskusi & solusi blog otomotif
Forum sharing diskusi & solusi blog otomotif

Motor ap kang ,nmax sy PP 1000 km oli biasa aj Yss – Agustransito

Agustransito nmax – Muhlis

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan