Press "Enter" to skip to content

Tips Biker Alasan Ganti Knalpot Standar Pakai Knalpot Racing

Yamaha nmax pakai knalpot racing wrx
Yamaha nmax pakai knalpot racing wrx

Mengapa biker kerap ingin mengganti knalpot standar yang dimilikinya dengan knalpot racing? Biasanya karena alasan-alasan berikut ini;

1. Untuk performa yang lebih garang

Knalpot racing memang dikenal dengan kemampuannya untuk membuat motor semakin garang di jalanan. Kecepatan dan tenaga yang dihasilkan bisa melebihi motor biasa dengan knalpot standar. Bahkan menurut pakar yang sudah biasa memodifikasi motor, knalpot racing dapat meningkatkan power dari 1 sampai 2dk.

Hanya saja, supaya motor tidak mengalami masalah, kamu sendiri pun harus tahu berapa diameter leher knalpot yang baik supaya knalpot tidak terlalu plong. Sebab, knalpot yang benar-benar plong juga tidak baik untuk mesin motormu. Alih-alih motor dapat digeber sampai laju, motor bisa mengalami kerusakan tanpa diduga.

2. Suara motor lebih kencang dan mantap

Hal lain yang membuat orang-orang sering mengganti knalpot standar menjadi racing adalah karena suaranya. Suara motor dengan knalpot racing memang lebih kencang, lebih maskulin dan garang. Tidak heran jika para pria biasanya berupaya keras untuk memodifikasi knalpot mereka hanya sekadar untuk mendapatkan suara motor yang maskulin di jalanan. Bagi beberapa orang, motor dengan suara kencang bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka.

3. Tampilan motor lebih terlihat keren

Knalpot standar biasanya modelnya memang bawaan pabrikan, dan memang modelnya bukan hal utama karena yang terpenting adalah memenuhi standar keselamatan. Berbeda dengan knalpot racing yang biasanya banyak varian modifikasinya. Selain pada desain luar, modifikasi juga kerap dilakukan pada bagian dalam, bahkan warna juga diperhatikan supaya lebih keren dan membuat motor menjadi berbeda.

Bagi yang belum bisa mengubah atau memodifikasi sendiri knalpot, ada baiknya meminta bantuan professional. Namun, jika ingin mengubah sendiri, coba lakukan beberapa cara. Antara lain dengan melepas sekat yang ada pada silencer. Pelepasan dilakukan supaya knalpot lebih baik dalam membuang gas. Kemudian, ganti sektor leher dengan pipa leher yang ukurannya lebih besar. Ketika melakukan pergantian, usahakan ukurannya tidak terlalu besar. Setelah itu, pasang penutup.

Meskipun memasang knalpot racing sangat meningkatkan performa motor, tetapi penggunaannya akan lebih boros bahan bakar. Selain itu, usia spare part motormu juga menjadi taruhan, kebanyakan usia spare part lebih muda dibandingkan dengan motor tanpa modifikasi. Kamu juga harus lebih berhati-hati supaya tidak ditilang polisi.

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan