Press "Enter" to skip to content

Perkembangan Dan Sejarah Perjalanan Vespa Menjadi Kendaraan Premium Di Indonesia

Sejarah vespa di Indonesia
Sejarah vespa di Indonesia

BikersIndonesia.net – Ola Bikers, kembali lagi dengan sejarah kendaraan bermotor. Kali ini kita akan membahas sejarah panjang motor Vespa di Indonesia. Vespa, siapa yang tidak kenal dengan skuter pertama di Indonesia ini? Hadir di Indonesia sejak tahun 1950-an, eksistensinya masih terus terjaga hingga saat ini. Baik pecinta motor ataupun yang hanya sekedar tahu jenis motor pasti setidaknya tahu merek dagang motor Vespa ini. Vespa yang menjadi pelopor keberadaan motor skuter masih tetap memiliki taringnya di Indonesia, tidak ada salahnya kita mengenal sedikit sejarahnya dan perkembangannnya di Indonesia.

Sejarah motor Vespa

Vespa menjadi kendaraan yang patut diperhitungkan keberadaannya di Indonesia. Merek dagang Vespa yang merupakan merek dagang asal Italia ini memiliki sejarah panjang bahkan sebelum pendirinya memutuskan untuk membuat kendaraan tersebut. Dimulai pada tahun 1884, Ronaldo Piaggio yang merupakan pendiri perusahaan dagang yang memproduksi peralatan kapal, rel kereta, gerbong kereta hingga mesin kereta api. Pada masa Perang Dunia I, perusahaan yang menggunakan nama belakang pendirinya, Piaggio ikut berkontribusi membuat pesawat terbang dan kapal laut. Sampai di Perang Dunia II, pabrik Piaggio dihancurkan oleh bom sekutu. Situasi memburuk setelah situasi ekonomi Italia yang juga ikut memburuk. Akhirnya perusahaan Piaggio memutuskan untuk memproduksi alat transportasi yang murah dan merakyat.

Sejarah motor vespa
Sejarah motor vespa

• Berdirinya merek dagang Vespa

Perusahan Piaggio kemudian menggandeng seorang ahli desain pesawat, Corradino D’Ascanio untuk merancang kendaraan terbaik. Menjawaba tantangan tersebut, Corradino yang awalnya pembenci kendaraan bermotor, bertekad untuk menghadirkan kendaraan yang mampu menghadirkan kenyamanan seakan duduk di ruang tengah keluarga. Hingga akhirnya terciptalah kendaraan Vespa pertama seri MP5. Nama Vespa sendiri diambil dari nama tawon dalam bahasa Italia. Desainnya yang unik dan nyaman mampu diterima masyarakat secara luas sampai di tahun 1949 diproduksi Vespa mencapai 35000 unit. Bahkan setelah satu tahun produksinya mencapai 1 juta unit. Hal tersebut membuat perkembangan merek dagan Vespa berkembang sangat pesat, dari jumlah produksinya sampai dengan penciptaan produknya. Bentuknya semakin berkembang, tidak hanya digunakan sebagai kendaraan sehari-hari, Vespa juga memproduksi kendaraan militer.
Pemerintahan Prancis, khususnya departemen pertahanannya membuat permintaan produksi kendaraan secara khusus hingga memesan 600 unit. Kendaraan tersebut kemudian melahirkan seri 150 T.A.P. Seri Vespa. Bahkan didesain memiliki senapan dan amunisi cadangan yang digunakan oleh Korps Legiun Asing dan Korps Parasut Militer Prancis.

• Perkembangan Vespa di Indonesia

Vespa tidak hanya dapat diterima masyarakat Italia, perkembangan Vespa bahkan diterima negara-negara Eropa dan Afrika, serta Asia, termasuk Indonesia. Pada tahun 1950-an, Vespa merambah pasaran Indonesia. Hingga di tahun 1960, motor Vespa dipilih sebagai simbol penghormatan terhadap kontingen Garuda Tentara Nasional Indonesia. Vespa diberikan kepada Kontingen Garuda sebagai Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di Kongo. Motor Vespa terus berkembang sebagai motor ikonik dan klasik penuh gaya. Variasi kendaraan Vespa terus berkembang mulai dari Vespa Sprint 150cc, Vespa Super 150cc dan Vespa Spesial 90cc, hingga Vespa Excel 200cc dan Vespa Spartan 200cc, motor dengan engine pertama hadir di Indonesia.

Pada tahun 1990-an Vespa Corsa hadir di Indonesia sebagai pelopor motor matik di Indonesia. Vespa Corsa dilengkapi dengan starter elektronik dan transmisi matik pertama di Indonesia. Hingga di tahun 2000-an, popularitas Vespa terus berkembang bahkan melahirkan ET4 yang menjadi basis Vespa Ferrari Limited Editon untuk merayakan pencapaian Ferrari di Kejuaraan Dunia Formula 1.

Baru pada tahun 2011 PT Piaggio Indonesia secara resmi hadir di Indonesia dengan membawa produk Vespa LX 150 2v dan Vespa S 150 2v, serta menjadi kendaraan yang digemari pecinta Vespa di Indonesia. Setiap tahunnya Vespa selalu melahirkan inovasi terbaru dan juga berkolaborasi dengan berbagai brand ternama dunia. Seperti pada tahun 2015, untuk merayakan ulang tahun Piaggio Group ke 130 dan brand ternama Giorgio Armani ke-40 meluncurkan Vespa 946 Emporio Armani. Kemudian di tahun 2016 untuk merayakan ulang tahun Vespa ke-70 menghadirlan model Vespa PX, Primavera, dan GTS dengan dibalut warna Azzuro 70. Serta di tahun 2020 Vespa berkolaborasi dengan seniman dunia menghadirkan Vespa Primavera Sean Wortherspoon dengan jumlah terbatas.

Terakhir di tahun 2021 untuk merayakan ulang tahun ke-75, Vespa menghadirkan Annivesary Limited Edition primavera 150 dan Vespa GTS. Dan untuk mengakhiri tahun 2021 diluncurkan Vespa 946 Christian Dior. Vespa tersebut memiliki desain mewah hasil kolaborasi dengan brand fashion Prancis, Dior. Vespa ini memiliki tampilan yang terinspirasi dari Vespa MP6 yang dirilis tahun 1946 dan dibuat secara handmade. Motor Vespa ini berwarna putih krem. Di bawah joknya terdapat kain asli Dior sebagai motif khas merek tersebut. Kendaraan ini dibalut warna emas pada beberapa komponennya seperti tutup tangki, list body, dan list pelek. Serta dengan stiker logo Christian Dior Paris pada bagian body sampingnya. Semakin menunjukan ekslusifitas kolaborasi dengan brand ternama tersebut.

Vespa 946 Christian Dior juga dibekali dengan mesin 150 cc 3-klep injeksi berpendingin udara. Dengan fitur kekinian, mulai dari lampu ful LED, kotrol traksi ASR, hingga panel instrumen digital LCD. Kendaraan satu ini dibandrol dengan harga Rp 950 juta on the road Jakarta dengan pembelian melalui jalur Importir Umum (IU) pada Agustus tahun lalu. Sedangakn harga yang ditawarkan melalui agen resmi PT Piaggio Indonesia adalah Rp 465 juta on the road Jakarta. Namun harga tersebut tidak termasuk aksesoris tambahan seperti tas, gantungan kunci dan helmet Dior.

Sedangkan kabar terakhir di tahun 2022, Vespa akan meluncurkan jenis Vespa hasil kerja sama dengan Justin Beiber. Hasil kolaborasi tersebut menciptakan kendaraan Vespa terbaru yang di desain langsung oleh Justin Beiber. Vespa Justin Beiber ini tersedia dalam tiga varian mesin, yaitu mesin 50cc, mesin 125cc, dan mesin 150cc. motor tersebut didesain tak ada yang mencolok dan tergolong sederhana. Dengan warna dasar putih dan aksen hitam pada stang kemudi, blok mesin strandar tengah, knalpot dan ban, serta fender belakangnya. Motor ini juga dapat disambungkan dengan ponsel pintar dan menggunakan pelek putih berdiameter 12 inci. Serta tersedia aksesoris seperti sarung tangan, tas dan helmet bermotif api. Kabar terakhir yang kami dapatkan, motor ini akan segera tersedia di gerai Vespa AS mulai dtanggal 18 April. Serta haga yang ditawarkan skuter Justin Bieber x Vespa berkisar Rp 400 juta-an.

Lantas bagaimana perkembangan motor Vespa di Indonesia selanjutnya, kita tunggu saja invasi serta kolaborasi apalagi yang akan dihadirkan Vespa untuk para pecinta skuter legendaris berharga premium ini.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan