Press "Enter" to skip to content

Ganti Oli Motor Disemprot Kompresor Tidak Disarankan?

Sekedar info aja…… Kemarin sebelum berangkat gasss saya ganti oli pakai oli Francis yg lumayan harganya dan sebelum gas saya riset indikator oli nya ( di nol kan) , dan setelah balik ngegas selama kurang lebih 14 hari dapat lah KM 2900km.
Nahhhh niatnya mau 3000km baru saya ganti olinya, mengikuti saran temanc disini katanya oli ga akan berkurang bannyak walau f8 ganti 4000km sekali. Sedangkan saya biasa ganti 1300km atau 1500km sekali. Baru ini ganti smp 2900km. Alhasil saya ganti oli sendiri denga membuka baut bawah yg ada saringan olinya bukan samping, dan saya biarkan 1 malam biar rurun semua dan sebelum di tuang yg baru saya semprot dulu pakai kompresor agar meyakinkan benar” bersih. Ini hasil akhir oli bekas perjalanan saya 2900km sisa seperti di gambar bisa di lihat sendiri 0,75 aja masih kurang banyak kira” oli saya sisa 600ml.

Di saran kan jangan menyemprot.. karna kalau ada serpihan gram di bawah penampung oli bisa nyebar kemna mna jika kena angin kompresor.. dan hal yg fatal nya gram tersebut masuk ke Bering atau lubang sirkulasi oli .. Dan kalau oli. Pemakai tergantung sikon cuaca atau jarak tempuh yg kita tuju.

Pilih lah kadar kekentalan sesuai kebutuhan dan sesuai cuaca . Jgn fanatik pada satu oli merek yg ktnya baik dll..atau sekalipun mahal. Karna semahal mahal nya oli. Jika 10-30w sentetic Akan tetap habis./ Menguap karna encer jika di pakai jrak tempuh jauh terkencuali pemakaian jarak tempuh pendek atau di cuaca hujan.

Kalau milih yg terlalu kental juga tidak baik.
Pelumasan telat nyebar ke part di dalam engine. Putaran mesin sedikit terbebani karna kental nya oli. Mohon maaf jika ada salah. Saya cman tukang tambal ban.
Bukan mekanik. – Berkah Motor

Oli merk aneh2, biasanya jarang dipalsuin, dipalsuin juga ga ada yg mau beli. – Erik Michael

Kalo drain lewat filter, jgn lupa tuang olinya 1 liter bukan 900ml – Smile Head

 

 

 

 

 

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan