Press "Enter" to skip to content

Cara Menghilangkan Getaran Mesin Yamaha Nmax

 

Getaran mesin yamaha nmax
Getaran mesin yamaha nmac

Sekedar share :

Lanjutan postingan Saya kemarin cara menghilangkan getar halus beritme di sekitaran 4000-7000 rpm waktu gas panteng.

Setelah 100km saya memasang sebuah spacer atau topi slider per cvt, akhirnya hari ini saya telah melakukan pembongkaran ulang untuk check apakah ada kendala ringan maupun berat.

hasilnya memang tidak ada kendala sedikitpun saat saya teliti, tak ada keausan yg bertambah seperti sebelum saya memberi parts tambahan tersebut.

sebelumnya di sekitar 50km pertama motor terasa getar halus saat gas stabil di rpm 4500-7000, sekarang sudah tidak terasa getar, motor melaju mulus dan mantap buat berboncengan dg istri dan anak saya.

Berbekal pengetahuan sederhana dan alat seadanya saya membuat ide untuk menambah parts dari konstruksi yg saya rasa ada yg janggal dan kurang, topi slider cvt hasil bubut sendiri dg pengukuran detail.

Sebelumnya telah ditemukan aus di corong pully bagian belakang karna per cvt menggerus dinding corong pully, bisa dilihat di gambar.

Juga setelah saya melakukan inspeksi ke bagian per cvt yang baru 50km an turun dari dealer, ternyata saya menemukan ke olengan atau geol bahwa per cvt tidak presisi lagi, terlihat jika didekatkan di dinding ada celah besar sekitar 1cm disaat sisi yang lain menempel pada dinding.

Per cvt yg oleng menyebabkan perputaran tidak stabil dan menandakan adanya perubahan bentuk yg jika dibiarkan berlarut2 akan menyebabkan ulir per menjadi terbuka atau istilah “winding out” per akan berubah arah menjadi terbuka seperti kawat besi yg juga saya temukan di youtube.

Slider ini saya buat untuk memaksimalkan kinerja cvt agar minim friksi dan getar, berikut beberapa keuntungan dari aplikasi slider ini menurut perhitungan saya.

1. Sebagai pengganjal agar per cvt sedikit lebih keras sehingga dapat meningkatkan performa.
2. Sebagai slider per cvt agar tidak terjadi efek winding out perputaran balik.
3, Sebagai pengaman agar per cvt tidak keluar dari jalur.
4. Sebagai peringan kinerja per karna per cvt yg terus2an dipaksa untuk didorong dalam keadaan diam pasti per akan memasuki stress level karna tidak dapat bergerak.
5. Meminimkan friksi atau gesekan antar parts dan hasilnya akan menghilangkan getaran.

Semoga dapat bermanfaat bagi seluruh rider Aerox, Nmax dan Lexi

Topi slider per cvt yamaha nmax
Topi slider per cvt yamaha nmax
Spacer per cvt yamaha nmax
Spacer per cvt yamaha nmax
Mengurangi getaran nmax
Mengurangi getaran nmax
Sharing problem & solusi motor
Sharing problem & solusi motor

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan