Press "Enter" to skip to content

Kampas Rem Motor Yang Bagus & Awet

Kampas rem motor
Kampas rem motor

Tentunya banyak yang bertanya – tanya, kualitas performa kampas rem yang bagus dinilai berdasarkan apa? Banyak variable yang menjadi acuan tentunya, sebagian besar kalangan mengetahui tapi masih banyak juga yang awam.

Contoh, sebagian orang menilai Kampas rem yang paling awet itu bagus, sedangkan kampas rem adalah produk yang didesain untuk menghentikan laju kendaraan dengan cara kerja bergesekan langsung dengan disc / piringan cakram, jika terlalu awet, bagaimana kondisi disc nya?  Salah satu pasti ada yang dikalahkan dan bagaimana respon pengeremannya? Apakah baik dan tidak berisik di berbagai tingkat suhu dan cuaca?

Sebagian lagi menilai berdasarkan daya cengkram, semakin pakem dinilai semakin baik, belum tentu juga, jika pada saat kondisi basah, tingkat stabilitas cengkraman menjadi faktor penentu keselamatan, rem tidak asal pakem apalagi sampai mengunci, bahaya!!

Kampas rem yang baik memiliki performa pengereman yang stabil di berbagai tingkat variable suhu temperature kerja dan modulasi daya cengkramnya bisa diatur melalui pedal / tuas rem sesuai dengan kebutuhan pengereman kita (ditekan sedikit, lebih dan maksimal tetap stabil) tidak mengunci / kaget.

Kampas rem yang baik terbuat dari bahan berkualitas, bagaimana mengetahui kualitas dari suatu produk kampas rem yang beredar? Tentu akan sulit sampai anda membuktikannya sendiri, berikut adalah informasi dasar mengenai bahan kampas rem yang secara umum beredar dipasaran:

1. Kampas Rem Bahan Organik
Bahan organik terbuat dari beberapa campuran material yang direkatkan dengan resin untuk membentuk kampas. Biasanya bahan yang digunakan terdiri dari kaca, Kevlar, karbon, dll (Campuran dan komposisi bisa berbeda berdasarkan harga jual dan target pasar dari si produsen itu sendiri). Kampas jenis ini paling sering digunakan pada kendaraan pabrikan dengan karakter lembut dan tak mengeluarkan banyak suara. Namun, kampas organik tidak tahan akan panas berlebihan dalam kondisi pengereman diatas suhu normal, sering kali kampas ini akan kehilangan daya geseknya dan akan cepat habis saat berada pada suhu temperatur tinggi diatas rata – rata.

2. Kampas Rem Bahan Ceramic
Kampas keramik terbuat dari campuran karbon dan silikon yang memiliki ketahanan cukup baik. Seperti layaknya kampas semi-metal, kampas keramik dapat bertahan pada suhu tinggi, dengan kelebihan debu yang dihasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan kampas semi-metal. Kampas jenis ini cocok untuk digunakan pada kendaraan di sirkuit balap, namun kurang cocok jika digunakan untuk kendaraan pada medan berat atau untuk penggunaan harian, karena cendurung akan memakan piringan.

3. Kampas Elig Bahan Ceramic Organik
Kampas keramik organic merupakan perpaduan bahan keramik dan bahan organik yang dikembangkan oleh R&D Elig Brake Ltd dengan penerapan teknologi E.F.T – Elig Friction Technology yang tercipta dari hasil kerjasama antar negara Jepang, Amerika Serikat dan Taiwan. Bahan Ceramic Organic di formulasi untuk memberikan hasil terbaik dari segi keamanan, ketahanan dan juga dari segi kenyamanan dengan dasar melengkapi kekurangan dari masing – masing bahan Organic dan Ceramic.

Sertifikat kerjasama antar Negara Taiwan, Jepang & Amerika Serikat.

Kelebihan dari bahan ceramic organic dapat menutupi kekurangan yang terdapat pada masing – masing kampas bahan organic dan kampas bahan ceramic, sbb:

• Daya cengkram maksimal dan tetap stabil pada suhu temperatur kerja diatas normal, tidak berisik, minim debu dan ramah lingkungan 100% NON ASBESTOS.

• Usia pemakaian normal jauh lebih panjang – High Durability.·

• Memperpanjang usia pakai komponen piringan cakram (Disc)·

• Kinerja lebih baik dibanding dengan produk kampas OEM (Original) dan kampas ceramic yang beredar secara umum.

Jaminan Mutu Produk Elig:

• Diproduksi berdasarkan standar TUV, ISO 9001 & TS 16949 di kedua pabrik besar yang berlokasi di Taiwan & Vietnam.

• Material ceramic organic 100 % – Non Asbestos yang mengacu kepada standar EU ROHS·(Eropa) dan telah memenuhi standar spesifikasi dari negara maju, seperti: USA ,JAPAN, Dll.

• Memenuhi standar keamanan produk seperti E/e Mark: JASO, SSP, GB, UIC, R90 & AAR.

Masalah bensin bisa di tawar, ga pake Pertamax bisa pakai Premium, tapi jika kampas rem urusannya dengan nyawa, pastikan anda selalu menggunakan produk berkualitas untuk mempersenjatai sistem pengereman kendaraan sobat.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda untuk menentukan kualitas dari suatu produk kampas rem dengan mengedepankan performa demi menjamin keselamatan dalam berkendara… “Safety is priority”.

Kampas rem motor bagus awet
Kampas rem motor bagus awet

 

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan