Press "Enter" to skip to content

Tips Mudik Lebaran Pulang Kampung Naik Sepeda Motor

Tips mudik lebaran pulang kampung
Tips mudik lebaran pulang kampung

BikersIndonesia.net – Ola, Bikers. Pemerintah kembali mengizinkan Mudik tahun ini, tentu ini menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang hidup di perantauan. Setelah dua tahun terkurung dalam wabah Covid 19 yang menyebabkan masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia kesulitan beraktivitas seperti biasanya. Bahkan larangan mudik pada akhir Ramadhan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama sanak saudara di kampung halaman. Tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran untuk masyarakat untuk mudik ke kampung halaman.

Salah satu jenis kendaraan yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk mudik adalah sepeda motor. Motor digunakan sebagai alternatif kendaraan mudik karena dinilai lebih hemat biaya, dan dapat menikmati suasana perjalanan secara langsung, serta tetap dapat mencapai tempat tujuan dengan lebih efisien atau tidak terjebak kemacetan dalam waktu lama. Karena itulah, untuk kamu yang mudik berkendara sepeda motor, beberapa hal berikut ini perlu diperhatikan sebelum dan saat berkendara sepeda motor untuk mudik.

• Persiapan mudik

Untuk perjalanan mudik baik dekat ataupun jauh, tentu harus tetap memperhatikan berbagai hal. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah persiapan sebelum pelaksanaan mudik. Dalam mempersiapkan perjalanan mudik, beberapa hal perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum perjalanan mudik.

1. Menjaga kesehatan

Hal utama yang sangat diperlukan persiapan sebelum mudik adalah kondisi kesehatan tubuh. Jauh hari sebelum melaksanakan mudik, penting untuk tetap menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan yang bergizi, sampai dengan penambahan konsumsi multivitamin untuk menjaga tubuh tetap vit. Selain itu, apabila memiliki suatu jenis penyakit tertentu, tidak ada salahnya untuk pengecekan kesehatan secara berkala.

2. Membawa obat-obatan pribadi

Kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda. Ada yang memiliki kesehatan sangat baik, ada pula yang memiliki riwayat penyakit tertentu. Untuk yang memiliki riwayat penyakit tertentu, keinginan mudik tentu sama besarnya. Karena itulah, bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit tertentu, diperlukan persiapan lebih untuk perjalanan mudik terutama menggunakan motor sebagai kendaraan utamanya. Untuk mengantisipasi selama perjalanan wajib membawa obat-obatan pribadi sebagai persiapan mudik. Misalnya untuk yang punya riwayat penyakit asma tentu harus mempersiapkan berbagai obat kebutuhan, jika dalam perjalanan merasa sakit.

3. Persiapan kelengkapan dokumen keperluan mudik

Untuk persiapan mudik lainnya, tidak lupa harus mempersiapkan kelengkapan dokumen mudik. Mulai dari membawa KTP dan SIM yang masih aktif, sampai surat kelengkapan kendaraan seperti STNK dan BPKB. Hal ini tentu penting untuk disiapkan sebagai persiapan sebelum mudik, karena bisa saja selama perjalanan akan ada pemeriksaan kelayakan kendaraan oleh kepolisian. Selain itu, meskipun pemerintah telah memberikan kelonggaran untuk perjalanan mudik selama pandemi ini, bukan berarti pandemi telah berakhir. Karena itu, perlu dipersiapkan keterangan bebas covid, dan bukti vaksinasi covid 19.

4. Pemeriksaan kondisi kendaraan motor

Kampas rem VTC pengganti Ori
Kampas rem VTC pengganti Ori

Hal terpenting lainnya untuk mempersiapkan perjalanan mudik adalah pemeriksaan kendaraan yang akan digunakan untuk mudik. Hal ini menjadi sangat penting untuk dilakukan untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara sepeda motor selama perjalanan mudik.

• Pemeriksaan keadaan mesin motor
Untuk persiapan sebelum mudik, ada baiknya pemeriksaan mesin kendaraan bermotor yang akan digunakan. Pemerikasaan mesin motor mudah untuk dilakukan, hanya perlu pemeriksaan elektroda pada busi. Warna elektroda pada busi mempengaruhi keadaan motor. Apabila elektroda pada bagian busi berwarna kecoklatan atau merah bata berarti pembakaran mesin bekerja dengan optimal. Apabila elektroda berwarna hitam, menunjukkan campuran udara dan bensin pada ruang bakar tidak seimbang. Apabila campuran bensin berbanding udara lebih banyak, dapat menyebabkan mesin lebih cepat panas. Sedangkan apabila campuran udara dan bensin lebih banyak, dapat menyebabkan boros konsumsi bahan bakar. Sehingga pengecekan pada elektroda busi penting untuk dilakukan, bila sudah hitam itu artinya konsisi busi sudah aus, harus segera diganti, agar kondisi mesin motor tetap bekerja dengan optimal. Selain itu, pada motor yang menggunakan radiator juga penting untuk memeriksa air radiator atau collant. Pengecekan kualitas dan kuantitas air radiator penting agar mesin tidak cepat overheat.

• Pengecekan kondisi listrik dan lampu motor

Pengecekan kondisi motor selanjutnya adalah pemeriksaan kondisi listrik dan lampu motor, hal ini sering dianggap sepele oleh pengendara, padahal dapat menjadi salah satu faktor penunjang keamanan berkendara sepeda motor. Untuk menunjang berkendara sepeda motor saat mudik di waktu siang ataupun malam pengecekan ini menjadi penting. Hal ini dikarenakan kondisi listrik pada motor dapat mempengaruhi lampu utama, lampu rem, lampu sein, speedometer dan bunyi klakson pada motor. Dan apabila kondisi tersebut buruk, sebaiknya segera ganti aki motor.

• Pengecekan kondisi ban dan pelek
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam berkendara sepeda motor adalah pengecekan kondisi ban dan pelek motor yang digunakan untuk mudik. Pengecekan kondisi ban dan pelek berpengaruh untuk keamanan berkendara. Karena kondisi ban yang sudah botak dapat menyebabkan motor mudah tergelincir saat hujan di jalan, dan daya cengkram ban dan jalanan menjadi buruk. Tentu ini dapat membahayakan pengendara. Serta kondisi angin pada ban apakah telah sesuai dengan standar, apabila kurang, tentu akan mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Selain itu, pelek motor biasanya berkaitan dengan motor matic. Penting untuk menggunakan ban dan pelek motor sesuai dengan standarnya, agar kinerja motor dapat tetap optimal selama digunakan untuk perjalanan dekat ataupun jauh.

• Pengecekan kondisi oli mesin
Pengecekan motor yang digunakan untuk mudik selanjutnya adalah kondisi oli mesin. Pergantian oli mesin harus dilakukan secara rutin berkala agar kondisi mesin motor tetap optimal saat digunakan perjalanan mudik. Apabila oli mesin lama tidak diganti, dapat menyebabkan mesin motor cepat panas atau bahkan dapat menyebabkan mesin motor mati. Karena itulah, pergantian oli mesin penting dilakukan sebelum memulai perjalanan mudik dengan menggunakan sepeda motor.

• Pengecekan kondisi rantai atau CVT
Untuk pengguna motor matic, pengecekan kondisi rantai atau drive belt perlu untuk dilakukan. Hal ini perlu dilakukan, apabila kondisi rantai sudah aus atau umur pakainya telah melebihi standar dapat menyebabkan penyaluran tenaga dair mesin ke roda menjadi kurang maksimal. Selain itu, juga dapat mempengaruhi pemakaian bahan bakar.

• Cek kampas rem dan komponen terkait
Pengecekan kondisi motor yang terakhir adalah kondisi sistem pengeremannya. Sistem pengereman ini sangat berpengaruh untuk keamanan, keselamatan dan kenyamanan saat berkendara sepeda motor. Karena fungsi dari rem adalah untuk mengurangi laju kendaraan. Untuk pengecekan sistem pengereman komponen yang penting untuk dicek adalah kampas rem. Salah satu jenis kampas rem yang baik digunakan contohnya kampas rem Elig atau VTC.

5. Persiapkan rencana perjalanan
Mudik dapat menjadi penjalanan yang melelahkan apabila harus berkendara menempuh jarak yang jauh dan lama. Karena itulah mempersiapkan rencana perjalanan menjadi hal pentingl lainnya yang harus dipersiapkan untuk mudik. Dalam mempersiapkan rencana perjalanan ini, dapat dilakukan dengan membuat catatan jalur titik penting dan rawan. Mempersiapkan nomor-nomor penting yang dapat dihubungi, mulai dari nomor keluarga, hingga nomor-nomor darurat seperti kantor polisi atau rumah sakit.

6. Pemeriksaan kembali keadaan rumah dan berdoa

Persiapan sebelum mudik yang terakhir adalah pemeriksaan kembali keadaan rumah. Seperti memastikan kompor dalam keadaan mati dan aman, semua jendela tertutup dengan rapat, pintu-pintu terkunci, serta memastikan aliran listrik rumah dalam keadaan aman. Misalnya dengan mencabut semua kabel-kabel yang masih tercolok aliran listrik namun tidak digunakan. Persiapan sebelum mudik yang terakhir adalah berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Dengan berdoa, hati menjadi lebih tentram dan dalam lingungan yang Maha Kuasa.

• Pelaksanaan mudik
Setelah persiapan mudik hal terpenting selanjutnya untuk diketahui selama berkendara sepeda motor untuk mudik adalah pelaksanaan mudik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan mudik adalah sebagai berikut ini :

1. Menggunakan perlengkapan berkendara lengkap

Untuk menunjang keamanan dan kenyamanan berkendara sebaiknya menggunakan perlengkapan yang lengkap. Mulai dari menggunakan pakaian yang aman dan nyaman, jaket sebagai pelindung tubuh dari angin, hingga menggunakan helm sesuai standar keamanan. Menggunakan pakaian yang nyaman dan aman tentu akan memudahkan dalam berkendara sepeda motor dalam waktu lama dan jauh. Salah satunya menggunakan celana panjang agar terhindar dari sengatan matahari saat berkendara siang hari, atau pada malam hari dapat terhindar dari serangan dingin. Selain itu, menggunakan jaket juga, tidak hanya dapat melindungi tubuh dari angin, tetapi juga dapat melindungi dari paparan sinar matahari. Penggunaan alas kaki juga perlu diperhatikan agar keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan tetap terjaga. Salah satunya dengan menggunakan sepatu.

Selanjutnya perlengkapan berkendara lainnya yang perlu diperhatikan adalah sarung tangan. Sarung tangan tidak hanya berfungsi untuk menghangatkan, tetapi juga menghindarkan tangan berkeringat yang dapat menyebabkan pegangan setang menjadi kurang nyaman. Perlengkapan lainnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan helm yang sesuai dengan standar keamanan atau SNI. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh, khususnya bagian kepala dari benturan yang terjadi saat terjadi kecelakaan. Serta tidak lupa menggunakan masker, selain dapat melindungi dari virus, masker juga dapat melindungi wajah dari debu dan kotoran selama perjalanan.

2. Tidak membawa banyak barang dan muatan penumpang berlebih

Perjalanan mudik dengan menggunakan motor tentu memiliki batasan barang bawaan dan jumlah muatan penumpang. Selain karena kapasitas muatan yang kecil, berkendara dengan motor juga dibatasi jumlah muatan penumpangnya. Terutama pemudik yang membawa anak-anak sebaiknya tidak menggunakan motor. Selain dinilai tidak aman, juga dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Karena muatan yang berlebih dapat beresiko terjadinya kecelakaan. Selain itu, sebaiknya juga mempersiapkan peralatan p3k saat emergency agar dapat mengantisipasi hal buruk yang dapat terjadi selama perjalanan.

3. Etika berkendara sepeda motor

Untuk mudik dengan berkendara menggunakan kendaraan pribadi terutama motor, tentu harus memperhatikan etika berkendara. Mulai dari mematuhi rambu-rambu lalu lintas, sampai dengan menahan hawa nafsu, dengan lebih bersabar, dan menahan emosi selama berkendara. Agar pikiran tetap fokus dan keamanan dan kenyamanan berkendara dapat tercipta.

4. Gunakan jalur mudik yang mudah

Berkendara dengan sepeda motor sebaiknya memilih jalur berkendara yang nyaman dan aman. Salah satunya dengan memilih jalur-jalur alternatif yang dapat mempersingkat waktu berkendara dan jalanannya tidak rusak. Sehingga mudik akan terasa nyaman dan sampai tempat tujuan dengan selamat.

5. Istirahat secara berkala

Mudik dengan sepeda motor, dapat beresiko kelelahan. Untuk itu, dalam berkendara sebaiknya tidak memaksakan diri untuk sampai tempat tujuan dengan cepat. Apabila tubuh terasa lelah dan mengantuk, sebaiknya jangan memaksakan diri dan beristirahat secukupnya. Selain itu, dengan berisitirahat secara berkala juga dapat menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama berkendara.

6. Sediakan bekal yang cukup

Untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama perjalanan salah satunya adalah menyiapkan bekal makanan yang cukup. Meskipun beberapa rest area menyediakan tempat makan, tetapi harganya terkadang lebih mahal dibandingkan dengan harga yang ditawarkan selain di rest area. Karena itulah, untuk memperirit biaya perjalanan tidak ada salahnya menyiapkan bekal makanan yang cukup untuk dikonsumsi pada saat berbuka ataupun pada saat sahur.

7. Gunakan rest area dengan baik

Apabila pengendara sepeda motor sudah merasa lelah dan mengantuk sebaiknya berhenti untuk istirahat. Gunakan jalur-jalur rest area yang disediakan pemerintah setempat dengan baik. Karena biasanya, pada rest area yang disediakan, tidak hanya disediakan tempat istirahat, tetapi juga tersedia tempat-tempat untuk rileksasi. Sehingga dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar selama perjalanan mudik.

8. Menyimpan barang berharga yang dibawa dengan baik

Ketika berkendara ataupun beristirahat, sebaiknya memperhatikan barang-barang bawaan. Terutama barang berharga yang dibawa, seperti ponsel, uang dan dokumen berharga. Karena biasanya pada rest area terdapat jumlah orang yang berlebih, hingga harus berdesak-desakkan atau mengantre saat menggunakan fasilitas rest area seperti restoran atau toilet.  Selain itu, sebaiknya uang yang disimpan juga dipecah penyimpanannya, atau dengan kata lain, menyiapkan uang saku selama perjalanan. Sehingga memudahkan penggunaan uangnya dan keamanan barang berharga seperti uang yang dibawa.

9. Memberi kabar pada sanak saudara

Hal ini sering dianggap sepele, namun sebenarnya perlu diperhatikan. Dengan memberi kabar pada sanak saudara di kampung ataupun saudara di rumah dapat membatu mempermudah pengecekan apabila terjadi sesuatu selama perjalanan mudik. Selain itu, memberi kabar juga dapat membantu menenangkan sanak saudara yang tahu perjalanan mudik yang kita tempuh.
Inilha beberapa tips untuk memudahkan berkendara sepeda motor selama mudik. Semoga bermanfaat!!!

Be First to Comment

    Tinggalkan Balasan