Press "Enter" to skip to content

Kelebihan Kekurangan Pakai Cairan Ban Anti Bocor Merusak Velg Motor?

Kelebihan Kekurangan Pakai Cairan Ban Anti Bocor
Kelebihan Kekurangan Pakai Cairan Ban Anti Bocor

 

Sedikit sharing bukan maksud saya menjelekkan produk dll. tentang cairan yang katanya buat ban motor kesayangan anda menjadi bagus, balance, awet, dll.. Ini terjadi kepada ban motor saya yg beberapa tahun lalu saya kasih cairan dgn tujuan awet😄. Dampaknya ternyata sebaliknya, buat velg motor jadi ada jamuran, yuk sayangi nmax kesayangan kita dengan merawat😊

========

Kalo pake cairan paling lama 7-8 bulan bersihkan dan dganti.velek pasti aman. Kalo sampai lewat pasti velek rusak – Tomo

belum sampe rusak sih om, selama ini palingan jamur, ga tau lagi klo sudah ada yg berlubang velgnya, mungkin dikasih HCL🤣 – Farabi

Dulu saya pakai dimotor beat kaya gitu juga mas, jadi kalo pakai cairan gitu motor harus berputar terus rodanya. Kayanya waktu itu kadang 3 hari atau bahkan 1 Minggu motor ga dipake, jadi cairan tersebut berkerak dan kering.

Sekarang pakai di velg 12 inchi Honda, eh malah pentil mampet ga bisa diisi angin. Velg 12 inchi belakang kan pakai pentil dengan bentul (L). Nah makanya yang NMax ga dipake cairan, takut kaya yang sudah-sudah 😅 – Dede

nah, ini bener, kadang nganggur lama nih motor, seharusnya perlu dibuat jln, biar cairannya g ngendap – Farabi

pernah ngalamin..kalau gak bersih..ban jadi sering bocor – Noelz

Iya bener banget, kasus yg sy alami, pentilnya yg bocor😢 – Farabi

kalau saya dari pinggiran velgnya malah – Noelz

Dulu pake aman sih… Cuma velg dalemnya kaya jamuran… Tp dilap di bersihin kembali ok lagi 🙏🏻🙏🏻🙏🏻 – Bisto

Betul sekali 🤣 kemarin baru ngerasain ban kempes terus ternyata dari sela sela velg, trs velg nya di bersih in di kerok seperti video om baru bener lagi – Oki

tinggal kasih paint remover beres – Wisnu

Jika mau pake cairan tsb harus ada perawatannya.. Tiap 3/5 bulan harus ganti dan Nitrogen wajib kuras 2 bulan ..sy udh pake 4 tahun alhamdulillah aman aja – Arya

Sebenernya tujuan cairan bukan buat bikin ban awet, balance dsb. Tapi lebih ke kalau ban bocor cairan bisa bantu nutupin bocor nya itu, kalau bocor juga otomatis cairan berkurang buat nutupin bagian yg bocor itu, kalaupun lama kelamaan ngerak tapi karna cairannya udah berkurang karna ban bocor itu ngeraknya sedikit(namanya barang, pasti ada masa pakainya). Saya termasuk orang yg terbantu sama cairan ban, apalagi ban baru aja seminggu ganti, udah kena ranjau aja wkwk, belakang kena dua(tapi yg ditambal cuma satu, satu lagi ketutupan cairan), depan kena satu(kena baut gede). Jadi ya beda fungsi antara bantu nutupin bocor sama bikin ban awet balance. Kalau untuk velg selama ini aman, belum karat karat, atau bahkan penyok. – Muhammad

Ga juga.. ane motor udah 3 pakai cairan velek aman2 aja udah lebih dr 5th, yg nmax udah jalan 3th aman2 aja – Maong

Klo saya mah dri dulu mau mtr apapun gak prnah mau di tawarin gituan
Ya nama nya aer kpanasan ke dinginan pasti ada yg dia bikin kalah entah itu pelk / ban nya Logika saya ya dulu mknya gak prnah mau make2 gituan
Klo bocor ya ke tambal bal – Torres

klo ban baru kena paku . Trus di tabal pke yg model di tusuk . Trus ga lama bocor area tambalan apakah yg akan anda lakukan ?? Ganti ban baru kahh ?? – Swandhana

baru kmaren bang kaya gitu
Tambal lagi bang – Torres

Mau jadi segede apa tambalannya bang ?? Jadi di masukin 2 tambalan sekaligus dalam 1 lobang ?? Karna ga mungkin bakalan bisa klo yg sudah bocor di tambal ulang berkali kali .. Mau ga mau ganti ban ya.  Itulah alasan saya pake cairan ..Motor cape . Walaupun motor baru ban baru kena paku . Di tambal sekali tpi bocor lagi area yg di tambal . Di tambal lagi ga mungkin pasti ga akan bener . Mau ga mau di kasih cairan . – Swandhana

gak saya gak ganti ban
Baru 2x tambel kna paku2 5/ 3 cm gtu doang kok. Gak ada masalah sih saya mah. Di komen ini kan ini mnurt saya
Klo mnrt ente bagus make larutan itu ya lanjutkan. Gak harus sama kan pndapat nya ? Klo mnrt saya utk mtr saya mah gak prlu. Make gituan – Torres

Dari zaman 2012 sampai sekarang ganti2 motor.. selalu di pakein anti bocor blm ada keluhan pentil mampet velg karat.. jamuran.. apalah.. paling klo ganti ban.. velg di cuci bersih lagi…
Jelas membantu di jalanan ibukota banyak ranjau .. – Febrian

Pakai cairan gitu yg saya alami klu kelamaan pas isi nitrogen kadang suka mampet ,,beberapa kali harus ganti pentil ban🤦 – Ujang

sebenernya sama aja sih pake cairan / tidak pasti ada kerak / jamur karena jarang kesentuh karena tertutup.
kaya bak cvt tertutup cover plastik kalo da lama juga sama berkerak / jamur hehehe, yg penting perawatan aja – Didy

Saya punya teman bengkel , dia sllu nyaranin saya jangan pernah ban tubles pakai cairan katanya bikin rusak velg , n you know , padahal dia jual cairan ban , balik lagi ke user nya aja – Franky

Setuju, sy pernah alamin yg sama. Kapok pake cairan ban gitu – Maulana

Itu cuma jamuran kan? Tidak keropos? – Ziyi

Mau ngerak kek, mau ga balance kek, urusan amat. Bagi saya tujuan dari cairan itu adalah ban kita ga perlu bocor apabila terkenal paku atau barang tajam, karena lgs otomatis tertambal, jadi kita ga perlu nuntun kendaraan ke tambal ban, yg jg bisa beresiko merusak velg apabila angin habis. Dan jg alasan safety, karena apabila tertancap benda tajam, gas terus aja tetap aman. Nanti di cabut di tempat atau lokasi yg terang dan ramai orang, jgn sampe gara2 ban bocor kita kena begal atau apa… – David

maaf ni, kalo ban tubles walaupun bocor juga gak bikin velg rusak, ban tubles itu keras masih bisa jalan, beda kalo ban radial yang pake ban dalam, velg yang kena. – Tegar

betul. Tp jd latihan fisik. Apalagi kalo sampe lewat daerah sepi orang malam2, mosok mau dinaikin terus, apalagi kalo berboncengan. Good luck deh, mending velg ngerak, nanti di bersihin jg bs 😎😎 safety 1st – David

kata siapa bro ban saya tubles langsung bocor motor oleng2 – Hardi

oleng ya wajar atuh om, rusak mah kagal velgnya saya ngalamin sendiri. Velg pecah, ban bocor masih bisa jalan ngelewatin jembatan ampera – Tegar

sebenarnya aman selama cat bagian dalam velg ngga terkupas atau lecet karna dari situ awal muncul nya jamur di dalam velg yang menjadikan muncul semakin banyak di bagian lain. Farhann

Kbtulan dlu ps motor masih vario selalu gnti ban kisran 6-9 bulan, sklian juga tuang cairan merk m… .. selalu aman cuma dibuang cairannya dilap kain smpe bersih … psang lagi ban baru dan cairan baru .. Merk cairan om ny m… kah ?? – Awwali

Cairan gitu cuma tahan setahun kl gak salah. Lebih dari itu jadi bubur. Baiknya tiap setahun dikuras ganti yg baru – Faisal

kadang kasihan juga ke bengkel yg benerin buat bongkar bannya, cairannya lengket😢 – Farabi

Yang ngalamin pentil mampet, berarti pentilnya udah bocor. Jadi cairannya rembes dan kontak dengan udara. Akhirnya cairan mengeras didaerah pentil. Mampet. – Perdana

Iya emang begitu bos.. pakai cairan aman gk takut kena ranjau.. tapi ya gitu resikonya klo kelamaan velg jadi kyk korosi gitu.. yg udah pernah mengalami pasti agak gerah.. tp klo yg blom mengalami ya dilanjut aja biar berpengalaman 😂 – Padexs

klo nempelnya ditengah ga masalah om, yang jadi masalah itu nempel dan mengeras dibibir velg.
Saat bam dipasang bocor dari bibiran velg, akhir dibuka lagi bannya.
Pake sikat kawat ga kena, mau ga mau digrinda biar rata.

Bukannya memudahkan malah menyusahkan. Cukup di nmp 2013 aja pake cairan kek gtu. Yang penting sekarang rajin cek tekanan angin aja. – Dwi

betul sekali bos.. kita dapat motor Emte 25 bekas juga gitu velgnya ..🤭 – Padexs

sekarang mah kapok dah pake pake cairan begitu. Klo bocor ya ditambal aja. – Dwi

Kalau ada duit lebih sih mending bawa rope plug sekalian pompa elektrik portabel. Daripada bawa cairan kaya gitu… – Alfino

Wajar… kalo gantiban sampe tahunan.
Kalo saya 6/7bulan 1x ganti. Liat fungsinya juga sih. Berhubung bisa 12jam lebih naik motor.
Trus perawatanya
Caranya stiap ganti ban dibersihin..kasih tips ke yg ganti biar biar dibersih total. – Oding

Kalo buat kaum mendang-mending seperti saya ganti ban sampe kelihatan senar putih🥹 – Farabi

Sy jg pernah ngalamin,
Tp ya balik lg merk dan yg percaya,
Kl percaya g akan knp2 velg-nya ya biarkan sj, Tp kl yg tkt velg-nya kyk divideo ya jngn pake, – Tree

cairan sangat membantu…
pernah kejadian motor ketusuk paku di jalan yg gak ada rumah warganya. alhamdulillah pakai cairan. ban kempes tapi angin gak abis masih sisa sekitar 60% jalan lambat sampai ketemu bengkel motor baru pakunya di cabut terus di tubles. coba kalau gak dikasi cairan. patah dua pelek motor di bawak jalan. intinya cairan buat keselamatan berkendara. – Rudi

Ga pernah pakai cairan apalah namanya itu. Yang dimaksud bocor pada ban tubeless itu gimana si?
Saya pakai motor tubeless udah 10 tahun, di nmax 5 tahun (nmax masuk 160ribu km). Belum pernah ngalamin bocor dijalan, bukannya tubeless asalkan paku tidak dilepas, tidak akan langsung bocor ya. Malah pernah di nmax, ganti ban, didalem ada pakunya yang sudah terkikis bersama halusnya ban, sampai ban ganti ga bocor (padahal pakunya masih). Velg aman aman saja. – Aldo

klo ud ban tubles knp harus pakai cairan… klo ban tubles asal yg nusuk jgn di cabut aja sesegera mungkin cari bengkel terdekat dan tambal…. lagian pakai cairan juga tetap harus di tambal ko secepatnya – Yusry

Baru tadi saya tambal ban langsung ketemu 4 titik.. Tubles memang gitu kali ya.. – Hadi

Cairan kan max 1thn pemakaian harus ganti. Sebelumpakai cairan baca dulu petunjuk nya dan pahamin kalau kejadian sampe gitu anda malas baca. – Dharma

Ada kelebihan PASTI ada kekurangan.

Gak masalah sih di gue, sdh lama pakai cairan anti bocor. Pas ganti ban tinggal di gosok aja velg nya sama tukang ban, bersih lagi itu kerak. Lagian cairan anti bocor itu bukan buat bikin ban bagus atau balance wakaka. Ente kalo mau ban bagus beli semir ban bro. – Endang

Mungkin pakai cairan yg lebih bagus saja, saya setiap ganti ban, pasti pakai cairan MxNE… Hasilnya aman buat berjibaku di jln raya…. Aman dari ranjau – Indra

Saya pernah menjadi korban motor pengguna cairan anti ban bocor.
Maka dr itu setiap ditawari produk itu, selalu saya tolak. – Andy

Masnya salah baca itu. Itu cairan anti ranjau bukan buat ban jadi balance dan awet. Di product udah di info untuk di ganti secara berkala. bukan sekali beli isi pake sepuasnya. Kalau sudah pernah kena ranjau dan selamat sampai rumah baru paham pentingnya cairan ini. – Ngurah

Nmax saya juga kena korosi usai pakai cairan 1 tahunan, sekarang bocor halus – Irfan

Udah ngalamin beberapa x, dulu sering banget bikin lubang angin nya mampet, pas kempes ban/kurang angin kudu buka pentil ban dulu/ganti pentil,kemarin pakai 2 hari langsung sy kuras sekalian ganti ban kelihatan velg dalam jd karatan cat pelindung nya jg nglotok 😌 kapok dah – Nanda

Saya pribadi 3x ganti ban velg aman, tinggal sikat jd bersih tanpa kotoran sedikitpun. Tp masalahnya motor saya gak cocok pakai cairan, karena bikin motor bagian depan jadi geol/limbung walau di jalan halus. 2 thn terakhir motor menyiksa karena geol terus, udah servis shock, ganti ban – laher – komstir – karet mounting, masih terasa. Pas terakhir ganti ban nyoba gak pake cairan ternyata motor jadi normal. – Dewa

4 bulan yg lalu ban kena paku klem… saya cabut pakunya, langsung keluar angin beserta cairan antibocornya.. trus saya paksa jalan 16 km.. jadi mampet sampai skrg 😁, diisi angin lagi juga tetep mampet, udah gak bocor lg sampai skrg. guna banget lah itu cairan antibocor.. – Fredy

Hanya perlu dibersih kan,,, velak itu bahan nya aluminium dia tidak bisa karat,,, cairan itu membantu saat ban trtusuuk benta tajam atau semacam nya jadi cairan itu yg begerak mengikuti angin yg hendak berhembus keluar namun alhasil cairan tersebut belum sempat nyiprat keluar sudah membeku di celah celah jalur yg sempit sehinggakan menutupi jalan angin dalam ruangan ban yg hendak keluar itu,, hasil akhirnya gak sampai ketahuan owner nya klau ban yg seharus nya udah lembek tapi tetep keras,,, begitu lah kira2 menurut kang sule – Ziee

========

Cairan Ban Anti Bocor Merusak Velg Motor?
Cairan Ban Anti Bocor Merusak Velg Motor?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan