Press "Enter" to skip to content

Honda ADV 160 Telah Hadir Di Indonesia Apa Perbedaannya Dengan Honda ADV 150?

Perbedaan Honda ADV 160 & 150
Perbedaan Honda ADV 160 & 150

BikersIndonesia.net – Olla Bikers. Akhirnya penantian panjang telah berakhir. PT Astra Honda Motor (AHM) telah meluncurkan skutik penjelajah New Honda ADV160 beberapa waktu lalu. Hadir dengan wajah baru yang tangguh, sehingga sukses membuka segmen baru di kelas skutik premium dengan lebih bertenaga menggunakan mesin baru. Tidak hanya itu, skutik ini juga semakin nyaman dengan jok lebih rendah dipadukan ground clearance tinggi, serta semakin canggih berkat fitur hightech seperti HSTC (Honda Selectable Torque Control).

New Honda ADV160 hadir sebagai skutik besar penjelajah jalanan terbaik yang tangguh, membanggakan, dan kaya akan fitur canggih. Menggunakan desain tough and robust yang proporsional, membuat New Honda ADV160 sesuai dengan karakter pengendara yang aktif. Skutik ini menggunakan mesin 160cc 4 katup eSP+ (enhanced Smart Power Plus) yang menyuguhkan performa responsif dalam berkendara harian maupun saat mengeksplorasi pengalaman baru. Selain itu juga, menggunakan fitur dan sentuhan teknologi tinggi yang disematkan.

Honda ADV 160 Telah Hadir Di Indonesia
Honda ADV 160 Telah Hadir Di Indonesia

”Dengan penyempurnaan di berbagai sisi, New Honda ADV160 semakin menghadirkan pengalaman berkendara berbeda, baik digunakan untuk menjelajah dengan kegembiraan atau juga penggunaan harian. Performa dan fitur-fitur unggulan pada skutik ini mendukung pengendara yang memiliki daya jelajah jarak jauh dan memberikan kekuatan melaju untuk mengeksplorasi berbagai kondisi jalan,” ujar Yasuda, President Director AHM.

Selain itu, Keiichi Yasuda juga mengatakan, New Honda ADV160 hadir sebagai jawaban dari keinginan konsumen terhadap motor besar penjelajah jalanan.

Perbedaan Honda ADV 160 Dengan Honda ADV 150
Perbedaan Honda ADV 160 dengan Honda ADV 150

”New Honda ADV160 kini hadir semakin tangguh, bertenaga, dan juga nyaman untuk dikendarai. Skutik ini pilihan tepat bagi pecinta skutik besar yang tangguh dan kokoh. Kami juga mendukung kegiatan mereka dalam memenuhi kesenangan dan mengeksplorasi lokasi baru dengan kesiapan jaringan bengkel resmi (AHASS) yang tersebar, untuk menambah kenyamanan dan kesenangan berkendara,” ujar Johannes Loman, Executive Vice President Director AHM.

Loman juga mengatakan, kontur dan kondisi jalanan di Indonesia yang beragam menjadi poin tersendiri untuk kesenangan berkendara bagi pengendara yang gemar menjelajah.
AHM berusaha menemani konsumen agar dapat menikmati kondisi beragam jalan yang ada di Indonesia dengan jaringan layanan yang masif hingga pelosok negeri. Pembaharuan yang disematkan semakin memberikan kebanggaan dalam berkendara, baik melalui desain urban explorer yang tangguh dan kokoh, performa responsif mesin baru, kenyamanan yang meningkat, hingga penyematan fitur-fitur canggih. Jika melihat desain Honda ADV150 dan ADV160, terdapat beberapa perbedaan yang cukup mencolok.

Beda honda adv 150 & 160
Beda honda adv 150 & 160

Berikut ini beberapa perbedaan pada motor Honda ADV150 dan Honda ADV160.

Sentuhan Desain Baru

New Honda ADV160 mempunyai desain urban explorer yang tangguh dan kokoh. Jika melihat sepintas, mungkin akan terlihat mirip antara desain Honda ADV150 dan Honda ADV160, terutama pada lampu depan dan dan belakang yang masih sama. Namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan. Seperti pada bodi samping belakang yang mempunyai penampang lebih lebar pada Honda ADV160, dan bodi samping depan yang semakin tajam yang membuat ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas. Perubahan bentuk bodi samping menambah luas volume bagasi. Model ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 30 liter, naik 2 liter dari ADV150. Sehingga dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam menyimpan barang. Dari tampilan depan, desain lampu dipertahankan dengan LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Di belakang, skutik ini dilengkapi lampu stop dan lampu sein LED, dipadukan dengan sepatbor yang memiliki desain layaknya motor besar.

Two step adjustabe windshield-nya membuat aerodinamika semakin baik. Windscreen yang biasa digunakan pada motor besar, tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah. Selain itu, tinggi jok kini menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya pada desain Honda ADV150 yang memiliki tinggi jok 795 mm. Serta dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Dengan kombinasi tersebut, tentu akan semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan.

Desain suspensi depan yang kokoh serta penyematan wavy disc brake sebesar 240mm pada roda depan dan sebesar 220 mm pada roda belakang memberikan kestabilan dalam melakukan pengereman serta tampil semakin sporti dan terdepan di kelasnya. Pada bagian belakang, disematkan twin subtank rear suspension untuk memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, jalan bergelombang dan berboncengan. Penggunaan tapered handle bar dan ban semi dual purpose berukuran besar 110/80 – 14 (depan) serta 130/70 – 13 (belakang) semakin memberikan kesan gagah dan tampil beda.

Semakin Bertenaga dan Kaya Fitur

New Honda ADV160 memiliki mesin bertenaga lebih besar dibandingkan dengan Honda ADV150, sekitar 1,4 dk dan torsi 0,9 NM. Tenaga mesin New Honda ADV160 didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI. Mesin baru tersebut mampu mendukung gaya berkendara pengguna dengan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW @8.500 rpm. Torsi pun berlimpah hingga 14,7 NM @6.500 rpm. Sementara ADV150 memiliki tenaga bertorsi hingga 13,8 NM pada 6.500 rpm.

Dengan jarak tempuh dapat mencapai 45 km/liter. Hal ini berdasarkan hasil tes internal Honda dengan metoda WMTC-EURO 3. Berdasarkan metode tersebut, didapatkan data konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 45 km/liter (fitur ISS on), serta mampu menempuh jarak hingga 364 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar.

Tidak hanya, mesinnya yang lebih bertenaga, Honda ADV160 juga lebih kaya akan fitur tambahan jika dibandingkan dengan Honda ADV150. Mulai dari panel meter full digitalnya berdesain baru yang memiliki layar besar dan berkesan tangguh. Pengguna motor Honda ADV160 kini juga bisa mendapatkan informasi putaran mesin (takometer/rpm meter) dan trip duration (elapsed time). Tombol pengaturan dipisah, terletak di antara handle bar dan panel meter. Selain dua hal baru tersebut, informasi lain yang didapat antara lain seperti indikator aki, indikator suhu luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar instan, indikator penggantian oli mesin, jam, Trip A dan Trip B.

Pada sisi keamanan, New Honda ADV160 telah ditunjang Honda Smart Key dan alarm system. Untuk kenyamanan, telah dilengkapi dengan USB charger pada console box dengan daya maksimal 5V 2,1A, menggantikan power charger pada model lama Honda ADV150. Dibekali pilihan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Combi Brake System (CBS) dengan triple pots hydraulic, New Honda ADV160 dapat membuat pengendaranya merasa aman dan nyaman. Khusus tipe ABS ini, disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur yang biasa disematkan pada big bike dan motor-motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

Fitur ESS (Emergency Stop Signal) tetap menjadi andalan, yang secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan. Sementara ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Hal ini menjawab kebutuhan masyarakat yang mempunyai aktivitas tinggi dan suka bereksplorasi melintasi berbagai kondisi jalan setiap hari.

Cara kerja ESS di New Honda ADV 160 ini sebenarnya sama saja dengan yang dimiliki Honda ADV 150. “Jadi ketika pengguna mengerem mendadak, semua lampu sein akan otomatis berkedip cepat memberi peringatan ke pengendara lain di belakang,” ucap Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) pernah memberikan penjelasan rinci mengenai cara kerja fitur ESS ini. Terdapat syarat tertentu yang harus dipenuhi agar fitur ESS di New Honda ADV 160 ini aktif. Syarat pertama adalah motor harus bertipe ABS, karena fitur ESS harus bekerja berdampingan dengan modul ABS. cara kerja fitur ESS ini, saat modul ABS mendeteksi pengereman mendadak akan otomatis mengirimkan sinyal emergency ke signal relay yang membuat lampu sein berkedip cepat. Kemudian, syarat selanjutnya agar fitur ESS ini aktif adalah kecepatan motor harus diatas 50 km/jam dan melakukan pengereman keras. Pengereman yang dilakukan harus membuat motor berdeselerasi lebih dari 6 meter per detik agar fitur ESS aktif. Selanjutnya fitur ini akan mati secara otomatis jika tuas rem dilepas atau kecepatan deselerasi kurang dari 2,5 meter per detik.

Harga Yang Ditawarkan

Motor New Honda ADV160 dipasarkan dengan dua tipe yaitu ABS dan CBS dengan total 6 varian warna. Terdapat beberapa perbedaan pada dua tipe tersebut. Pada tipe ABS, dibekali fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur HSTC yang biasa ada di big bike dan motor premium Honda itu berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dicegah. Kemudian tipe ABS juga sudah dibekali fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang bisa mencegah terjadinya potensi roda mengunci saat dilakukan hard braking. Tidak hanya itu, versi ABS ini juga dilengkapi dengan emblem tiga dimensi berwarna gold. Selanjutnya, pada velg dan handle bar versi ABS menggunakan finishing warna burn titanium yang sporty. Dan perbedaan yang terakhir pada tipe ABS telah dilengkapi dengan fitur safety Emergency Stop Signal (ESS). Fitur ini secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat pengereman secara mendadak. Teknologi ini berguna untuk memberikan peringatan ke pengendara di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Sehingga tidak heran, Tipe ABS dipasarkan Rp 39.250.000 (On The Road Jakarta), dengan tersedia dalam tiga warna, yakni Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Pada tipe ini, emblem di samping bodi semakin manis dengan laburan warna Burn Titanium, begitu pula dengan pelek dan handle bar. Sementara itu tipe CBS yang dipasarkan seharga Rp 36.000.000 (On The Road Jakarta), mendapat tiga pilihan warna, yakni Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White.

Sedangkan pada Honda ADV150 dengan tipe ABS harga yang ditawarkan adalah Rp 38,832 juta. Sementara untuk tipe CBS, harga motornya mencapai 35.693 juta. Sehingga untuk motor New Honda ADV160 harganya hanya lebih mahal Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribuan saja dibandingkan dengan ADV150.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan